Press "Enter" to skip to content

Ubah Gaya Hidup Agar Terhindar Dari Sembelit

Sembelit adalah suatu kondisi di mana pergerakan usus menurun atau sulit buang air besar untuk waktu yang lama. Sembelit atau biasa pula disebut konstipasi ini umumnya diartikan sebagai kondisi buang air besar yang kurang dari tiga kali dalam kurun waktu seminggu. Sembelit biasanya dapat sembuh dengan sendirinya seiring Anda mengubah gaya hidup Anda. Namun, jika Anda mengalami masalah sembelit kronis maka akan lebih sulit untuk disembuhkan dan membutuhkan pengobatan. Sembelit sebenarnya adalah hal yang normal jika hanya terjadi sesekali dan akan sembuh dengan sendirinya. Hal ini biasanya disebabkan karena makanan, stress, atau perbedaan lingkungan. Orang yang berisiko terkena sembelit biasanya adalah lansia, orang gemuk, wanita hamil, dan orang yang banyak duduk.

Pengaruh gaya hidup dapat memengaruhi sistem pencernaan Anda. Pola makan yang kurang sehat, seperti kekurangan serat dan cairan, dapat memicu terjadinya sembelit. Selain itu, perubahan pola makan dan terlalu banyak mengonsumsi produk olahan susu juga dapat menyebabkan susah buang air besar. Ditambah lagi, gangguan makan dan malas berolahraga atau kurang aktif bergerak juga dapat mengundang sembelit.

Selain itu, kehamilan juga dapat menjadi penyebab Anda terkena sembelit. Sekitar 40 persen wanita hamil mengalami sembelit selama kehamilan, terutama pada periode awal kehamilan. Sembelit dapat dialami ibu hamil karena selama masa kehamilan, tubuh memproduksi lebih banyak hormone progesterone yang efeknya dapat mengendurkan otot, sehingga menyulitkan otot usus dapat berkontraksi. Sebagai akibatnya, sebagian ibu hamil dapat mengalami sembelit.

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menangani  masalah sembelit yang bisa Anda lihat di website kesehatan. Secara umum, dengan mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat, hal itu juga sudah dapat membantu mengurangi masalah susah buang air besar. Sembelit dapat terjadi jika tubuh Anda kekurangan cairan, maka dari itu cukupi kebutuhan air putih untuk mencegah dehidrasi dan melunakkan tekstur tinja. Lalu perbanyaklah mengonsumsi serat, setidaknya 18 – 30 gram per hari. Serat bisa didapat dari buah-buahan, sayuran, ataupun sereal dan kacang-kacangan. Anda juga dapat mengonsumsi obat-obatan yang dapat Anda beli di sumber : https://www.goapotik.com/promo/obat-diare-anak-dan-dewasa-dan-obat-sembelit-dan-susah-buang-air-besar.

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: