Press "Enter" to skip to content

5 Tips Ampuh Meningkatkan Posisi Artikel di SERP Google

meningkatkan posisi artikel
Designed By freepik

Menempatkan blog pada posisi teratas mesin pencari mungkin memang merupakan keinginan setiap blogger dan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja dengan menggunakan kata kunci yang paling banyak dicari pada judul. Menggunakan kata kunci potensial memang bisa meningkatkan trafik, namun belum terlalu efektif untuk membuat blog menduduki posisi-posisi teratas. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengoptimalkan artikel Anda pada posisi terbaik SERP (search engine results page).

Langkah mengoptimalkan SERP pada mesin pencari Google

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa membantu Anda untuk menaikkan artikel pada posisi SERP terbaik Google.

Mempersiapkan artikel

Mempersiapkan artikel yang akan diunggah dengan matang merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan. Ini bisa dilakukan salah satunya dengan menciptakan judul yang menarik. Judul yang menarik akan membuat orang tertarik untuk berkunjung ke blog dan membaca artikel Anda. Caranya adalah membuat judul dengan kombinasi kata kunci yang relevan. Untuk menciptakan judul artikel yang menarik, Anda bisa melakukan observasi kecil pada Google. Caranya adalah melakukan pencarian dengan menyertakan kata kunci yang akan Anda masukkan dalam artikel. Setelah hasil pencarian tampak, lihatlah judul-judul yang muncul pada halaman pertama. Buatlah judul seperti itu dengan kombinasi kata yang lebih menarik. Setelah menetapkan judul, maka kembangkan kata kunci menjadi artikel yang berkualitas dan membuat pengunjung Anda puas. Hal ini akan membuat artikel Anda berada pada posisi teratas Google dalam waktu lama.

Amati posisi artikel pada SERP

Setelah Anda unggah maka Anda harus mengamati posisi artikel tersebut pada Google. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Yang pertama Anda bisa memakai Google itu sendiri. Caranya adalah mengetik kata kunci yang Anda target. Jika artikel Anda tidak berada di halaman pertama, maka Anda bisa melakukan upaya untuk menaikkannya lagi. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi free monitor for google disini. Selain lebih mudah, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengamati lebih dari satu artikel berbarengan.

Buat backlink ke artikel

Untuk menempatkan artikel pada posisi terbaik SERP, Anda harus membuat backlink yang menyertakan anchor text. Yang perlu diingat adalah tempatkan backlink senatural mungkin dan jangan memasukkan anchor text terlalu berlebihan karena bisa mengakibatkan spam. Jika Anda inging memasukkan kata kunci pada backlink. Maka kombinasikanlah dengan ancor text yang berbeda agar terlihat lebih natural dan lebih aman.

Membuat link ke artikel pendukung yang sesuai

Cara lainnya adalah dengan membuat artikel pendukung yang didalamnya Anda sertakan internal link yang mengarah pada artikel yang akan Anda tingkatkan posisinya. Penggunaan internal link yang relevan akan menambah jumlah pageview. Jika pageview naik secara signifikan dan banyak pengunjung yang tertarik serta menjadikannya sebagai sumber utama. Maka hal ini akan menjadi indikasi buat mesin pencari seperti Google bahwa artikel Anda memang layak untuk ditempatkan pada halaman pertama dari Google.

Membagi artikel ke media sosial

Sosial media juga merupakan salah satu faktor yang efektif untuk menaikkan SERP. Jika artikel Anda banyak dibagikan melalui media sosial, maka mesin pencari akan memperhitungkan artikel agar ditempatkan di posisi teratas. Pastikan bahwa artikel Anda menarik sehingga banyak orang tertarik untuk membagikannya lewat akun sosial media mereka. Anda juga bisa membagikannya menggunakan akun Anda sendiri namun Anda harus berhati-hati karena jika salah membagikan maka Google Adsense akan menanggapnya sebagai spam. Anggapan spam pun bisa muncul dari sosial media yang Anda gunakan. Oleh sebab itu, sebelum membagikan artikel tersebut melalui media sosial. Ada baiknya Anda mencari informasi tentang bagaimana melakukannya dengan cara yang aman namun efektif.

Baca juga: Tips Jitu Optimasi Trafik Website dengan SEO

Kesimpulan

Langkah-langkah di atas hanyalah beberapa contoh cara yang bisa Anda gunakan untuk meroketkan posisi artikel pada SERP Google. Jadi, jangan terpaku dengan cara tersebut. Anda juga bisa menggunakan cara-cara lain yang efektif. Bagi Anda yang baru belajar, Anda bisa mengaplikasikan satu atau mengkombinasikan beberapa cara di atas untuk menempatkan artikel pada posisi terbak di Google.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: