Press "Enter" to skip to content

Tips Jitu Optimasi Trafik Website dengan SEO

seo adalah
Designed By zaozaa09 / Freepik

Semenjak internet diperkenalkan pada sekitar tahun 2000, dunia komunikasi pun menjadi seolah tanpa batas. Orang dari seluruh dunia dapat terhubung satu sama lain seakan tanpa dibatasi oleh jarak. Para perancang website pun terus mengasah kemahirannya dalam merancang dan menyempurnakan website agar semakin berkualitas sekaligus menarik perhatian para pengguna internet.

Saat ini sebuah website atau blog dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan melalui monetisasi pada website. Dengan memasang iklan tertentu yang menghasilkan uang jika iklan tersebut akan secara otomatis terlihat saat seseorang membuka website yang bersangkutan. Hal itu berarti ketika semakin banyak yang membuka website, maka semakin banyak pula penghasilan yang didapat.

Apa Sih Itu SEO?

Jika kita berniat untuk menambah penghasilan melalui monetisasi website, maka kita harus pastikan website kita dikunjungi banyak orang. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan teknik SEO atau Search Engine Optimization yang benar dan tepat. Teknik SEO merupakan teknik untuk meningkatkan trafik dan peringkat website pada mesin pencari, dengan tujuan agar makin banyak pengunjung pada website kita.

Teknik ini memungkinkan sebuah website muncul pada urutan teratas atau setidaknya pada halaman pertama saat seseorang melakukan pencarian pada suatu mesin pencari. Untuk dapat menggunakan teknik SEO yang benar dan tepat memang membutuhkan proses belajar. Agar tujuan mendapatkan pengunjung website yang banyak dapat tercapai.

Tips Jitu dan Sederhana Teknik SEO

Ada beberapa tips jitu dan sederhana untuk dapat menggunakan teknik SEO dengan benar:

1.  Pastikan Pengaturan Awal Situs Website Dilakukan dengan Benar
Pengaturan halaman situs website yang benar dapat memudahkan kita saat akan menggunakan teknik SEO pada web. Pengaturan awal yang benar dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu ada HTML tag pada setiap laman. Terdapat meta tag dan meta keywords di setiap laman, hanya ada satu heading pada setiap laman, terdapat laman privacy policy, susunan tautan yang tepat dan lain sebagainya. Jika kita belum mahir menyusun laman web dengan benar, kita bisa meminta bantuan pada ahli-ahli pembuat web.

2.  Lakukan Optimasi Kata Kunci (Keywords) Baru
Optimasi kata kunci baru berfungsi agar daftar kata kunci yang kita miliki dapat dengan optimal memunculkan laman website kita pada mesin pencari. Beberapa cara agar kata kunci menjadi optimal adalah tidak perlu membuat title tag terlalu panjang. Gunakan huruf capital pada awal kata serta gunakan kalimat yang terlihat natural.

3.  Hindari Konten-konten Baru dengan Kata Kunci yang Terlalu Beragam
Ketika akan membuat konten baru, sudah pasti konten tersebut akan memunculkan kata kunci baru. Sebaiknya sebelum membuat konten baru. Pertimbangkan isi konten tersebut agar tidak banyak memunculkan kata kunci baru. Yang artinya konten tersebut masih berhubungan dengan konten sebelumnya. Jikalau ingin membuat konten yang benar-benar baru, tulislah konten dengan kata kunci sedikit atau tidak berlebihan. Kata kunci yang terlalu berlebihan pada suatu website malah justru akan dideteksi sebagai spam pada mesin pencari dan justru tidak dapat muncul pada rangking teratas laman yang muncul.

4.  Selalu Pantau Peringkat Website pada Mesin Pencari
Tips selanjutnya adalah selalu pantau peringkat dan keberadaan website kita pada mesin pencari. Semakin banyak pemilik web yang menggunakan teknik SEO, maka bisa jadi peringkat web kita menjadi tergusur atau menurun peringkatnya. Apabila hal tersebut terjadi, maka kita harus segera melakukan pembaharuan atau update agar web kita dapat selalu berada pada posisi teratas pada mesin pencari.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: