Press "Enter" to skip to content

Tingkatkan Sales Bisnis dengan Membuat Email List

email list
Designed By jannoon028 / Freepik

Bayak yang bisa dieksplor pada penggunaan digital marketing, salah satu yang dapat digunakan adalah dengan membangun email list. Membangun email list ini sudah menjadi strategi utama yang jitu bagi para digital marketer untuk mengembangkan bisnisnya.

Sebelum membahas pembuatan email list dengan beberapa tools yang dapat digunakan, pertama-tama kita perlu tahu apa fungsi dari emai list sesunguhnya. Pada dasarnya tujuan dari email list adalah pelaku bisnis dapat memperoleh peningkatan sales dan konversi dalam bisnis.

Disebutkan bahwa pengunaan email list pada pelaku bisnis akan memberikan kenaikan jumlah leads atau orang yang tertarik pada produk Anda sebayak 50%. Selain itu, penggunaan email list juga efektif untuk mengurangi pengeluaran biaya marketing  sebanyak 33%.

Dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin pesat ternyata juga mempengaruhi perkembangan email list. Hanya yang perlu pelajari saat membangun email list ini adalah Anda perlu mengetahui kebiasaan konsumen sebagai target Anda membuka email mereka, dan terus konsisten mengembangkan email list Anda.

Penjelasan mudahnya adalah, pengunjung yang tertarik dengan produk pada website Anda akan memasukkan kontak email mereka pada form landing page. Server akan menerima informasi bertambahnya email list Anda. Dengan banyaknya email list yang sudah Anda kumpulkan, lalu Anda siap melakukan strategi marketing via email kepada calon pembeli. Calon pembeli akan tertarik dengan email promosi Anda dan akhirnya melakukan traksaksi bisnis dengan Anda, ini lah yang menjadi inti dari tujuan penggunaan email list.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik juga membangun email list Anda dan siap melakukan marketing via email? Jika iya, berikut panduan untuk Anda membangun email list agar bisnis berkembang pesat.

Mencari Provider untuk Email List

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menentukan provider email list yang tepat untuk Anda gunakan. Beberapa provider email list yang dapat Anda gunakan akan dibahas secara umum di bawah ini, antara lain:

Mail Chimp

Kelebihan dari Mail Chimp adalah provider ini menyediakan paket forever free yang dapat mengeratiskan Anda mengirim email sebanyak 12.000 email/bulan dengan syarat subscribers kurang dari 2000. Mail Chimp juga menyediakan panduan gratis, dapat menganalisis keefektifan iklan Anda, dan dapat diakses juga menggunakan smartphone.

Namun, kekurangannya adalah Mail Chimp paket forever free masih memiliki keterbatasan dalam fiturnya. Untuk mendapatkan fitur yang lebih Anda perlu mengubah ke paket premium. Anda juga tidak dapat memiliki email list dengan kapasitas besar karena adanya pembatasan jumlah subscribers.

Aweber

Kelebihan Aweber adalah sistem autoresponder yang dimiliki sangat baik. Aweber juga bisa membentuk form yang dapat diintegrasikan pada blog, website bahkan facebook yang akan mengefektifkan pembangunan email list. Ada pula webminar dan akses analisis yang mudah diakses. Kelemahannya adalah adanya keterbatasan dalam mengimport data.

Infulsionsoft

Infulsionsoft merupakan provider yang paling canggih dan memiliki fitur lengkap. Infulsionsoft lebih efektif untuk Anda yang ingin mengembangkan email list dan mengatur campaign sesuka hati pada bisnis Anda. Banyak fitur mutakhir yang diberikan oleh provider ini. Namun kekurangannya untuk menggunakan Infulsionsoft perlu investasi yang besar di awal. Anda juga diperlukan membayar biaya pelatihan sebesar $1500 untuk menggunakannya, dil uar biaya berlanganan berlanganan Infulsionsoft sendiri.

Memilih Landing Page

Setelah selesai dengan pemilihan provider, selanjutnya Anda perlu memilih landing page yang tepat untuk email list Anda. Landing Page merupakan website yang menyediakan informasi mengenai produk Anda. Dengan tujuan mendapatkan data dari calon costomer ke email list Anda untuk selanjutnya diberikan treatment marketing sampai akhirnya terjadi transaksi. Beberapa landing page yang dapat Anda gunakan adalah, antara lain:

Lead Pages

Dengan lead pages Anda dapat membuat landing page dengan mudah tanpa perlu mengerti coding website. Kelebihannya adalah banyak pilihan template, mudah diintergrasikan dan memiliki fitur spit testing. Kekurangannya ada tidak dapat mengubah bentuk template dasar yang telah disediakan.

Instabuilder

Instabulider sangat cocok bagi Anda para digital marketer yang berpengalaman. Banyak fitur menarik yang disediakan, antara lain sangat membantu pengguna berpengalaman mengembangkan email listnya, responsif dan fitur pendukung yang bagus. Satu kekurangannya Instabuilder hanya dapat digukanan pada website wordpress.

Meski terdengar mudah, membangun email list tentunya perlu strategi tersendiri. Untuk itu dengan penjelasan di atas ada baiknya Anda dapat menentukan tools yang tepat untuk strategi digital marketing bisnis Anda.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: