Press "Enter" to skip to content

Susu Soya untuk Penuhi Gizi Anak Penderita Alergi Protein Susu

susu soya

Saat ini, susu soya sudah jadi alternatif bergizi dan bermanfaat yang dapat dikonsumsi anak-anak dengan alergi protein susu. Hal ini tentu penting untuk dicatat, mengingat bahwa sebagian besar produk susu formula untuk anak-anak yang beredar di pasaran pasti mengandung susu sapi.

Meskipun formulanya berbeda, susu soya tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan susu sapi. Bahkan, susu alternatif yang satu ini dianggap lebih sehat jika ditengok dari berbagai faktor. Salah satunya adalah kandungan lemak yang jauh lebih rendah dibandingkan susu sapi. Di samping itu, kandungan protein yang terdapat di dalamnya pun tak jauh berbeda dibandingkan kandungan protein susu sapi. Belum lagi, kualitas protein yang terkandung di dalamnya juga tak kalah.

Keunggulan lainnya dari formula soya di dalam susu adalah kandungan serat yang jumlahnya lebih tinggi dibandingkan kandungan serat di dalam susu sapi. Dengan begitu, susu dengan formula soya pun lebih bermanfaat dalam hal menjaga kinerja dan fungsi sistem pencernaan buah hati Anda.

Apakah Susu Soya Hanya untuk Alergi?

Selama ini, formula soya sering kali dipasarkan sebagai alternatif sehat dan bergizi bagi anak-anak yang menderita alergi protein susu. Akan tetapi, apakah konsumsinya memang hanya ditujukan untuk anak-anak dengan kondisi tersebut? Tentu saja jawabannya adalah tidak.

Sama seperti susu pada umumnya, susu soya menawarkan formula untuk melengkapi asupan nutrisi buah hati. Hanya saja, karena kandungan di dalamnya, tentu saja pastikan dulu bahwa buah hati Anda memang tidak memiliki riwayat alergi produk kacang-kacangan. Apabila si kecil kesayangan Anda memang tidak memiliki kondisi tersebut, maka produk formula soya bisa Anda berikan tanpa harus mengkhawatirkan kesehatannya.

Di samping itu, bahkan jika buah hati Anda tidak memiliki riwayat alergi protein susu sekalipun, tak ada salahnya untuk memberikan formula soya! Hal ini dikarenakan manfaat lebih yang bisa buah hati Anda rasakan untuk membantu tumbuh-kembangnya.

Dalam formula soya, kacang kedelai adalah bahan baku utama yang digunakan dalam proses produksinya. Jenis bahan makanan yang satu ini sudah terbukti secara ilmiah sebagai sumber nutrisi yang mampu menunjang kesehatan tulang, seperti yang dikutip dari Dietary Guidelines for Americans. Terlepas dari konsentrasi kalsiumnya yang memang lebih rendah dibandingkan susu sapi, produk susu formula soya diolah dengan pengayaan kalsium. Dengan begitu, manfaat kalsium yang terkandung di dalamnya pun tak kalah jika dibandingkan dengan susu sapi.

Pilihan Susu Soya Terbaik untuk Si Kecil

Perlu dicatat bahwa formula soya memiliki perbedaan ketika dibandingkan dengan susu kedelai pada umumnya. Meskipun keduanya sama-sama memiliki bahan baku yang sama. Susu kedelai secara alami memang sudah kaya akan nutrisi. Sementara itu, formula soya yang terkandung di dalam susu formula tidak terbuat dari susu kedelai murni.

Formula soya tersebut justru sudah diformulasikan agar nutrisi yang terkandung di dalamnya semakin kaya. Artinya, sama seperti susu formula pada umumnya, produk susu soya tersebut pun telah diperkaya dengan kandungan nutrisi lainnya untuk menunjang pertumbuhan si kecil. Contohnya adalah dengan kandungan asam amino, mineral, vitamin, serta lemak sehat yang sudah diformulasikan ke dalam susu tersebut.

Pada dasarnya, formula soya memang merupakan alternatif yang tak kalah sehatnya bagi buah hati Anda. Terutama jika si kecil memiliki alergi protein susu sapi. Karena itu, jika buah hati Anda memiliki alergi ini, Anda tak perlu khawatirkan pertumbuhannya lagi karena ada solusi terbaik untuk si kecil. Selain itu, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter untuk membantu Anda memilih formula soya terbaik.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: