Press "Enter" to skip to content

Strategi Digital Marketing Yang Efektif Untuk Bisnis B2B

strategi digital marketing

Di zaman yang serba digital saat ini, melakukan pemasaran offline tak lagi cukup. Apalagi saat ini hampir semuanya dilakukan dengan internet. Hal ini berlaku untuk bisnis B2B (business-to-business). Setidak-tidaknya, sebuah perusahaan B2B harus memiliki sebuah website dulu jika ingin maksimal dalam pemasaran digital, apalagi sekarang sudah banyak jasa pembuatan website yang bagus dan terjangkau.

Tapi, tak banyak pebisnis yang menyadari akan kekuatan pemasaran melalui internet atau ‘digital marketing’. Padahal dengan mengaplikasikan strategi digital marketing, tak hanya dapat meningkatkan brand awareness tapi juga angka penjualan. Sayangnya, tak banyak pula pebisnis yang tahu strategi yang efektif menjalankan Digital marketing. Padahal, jika Anda menjalankannya dengan tepat, Anda dapat meningkatkan angka penjualan kepada end customer tapi juga B2B.

Tapi tak perlu khawatir, kali ini kami akan membocorkan beberapa rahasia strategi digital marketing yang efektif untuk bisnis B2B. Penasaran? Mari kita lihat ulasannya!

Memiliki Website yang Profesional dan Representatif

Anda pasti sudah tahu bahwa saat ini kita sudah memasuki zaman di mana segalanya telah terhubung dengan internet. Dengan adanya internet, semua customer dan bahkan sesama bisnis dapat mengintip usaha yang sedang Anda jalankan, entah melalui website, media sosial, LinkedIn, dan sebagainya.

Sedihnya, belum banyak pemilik bisnis yang benar-benar sadar akan manfaat sebuah website. Mereka masih berpikir untuk membuat website adalah sesuatu yang belum perlu dan produk yang mereka miliki bukanlah sesuatu yang bisa dijual secara online. Padahal, pemikiran satu ini kurang benar loh!

Hal ini sangat disadari oleh 88Office, penyedia layanan virtual office dan serviced office di 88Office Building, Casablanca, Jakarta Selatan. Bisnis yang ditawarkan bersifat B2B, dimana yang mencari layanan ini biasanya adalah pebisnis, ekspatriat, atau dunia corporate yang hendak membuka kantor cabang baru.

Website 88Office lalu didesain secara profesional sebagai sarana informasi, dimana design bernuansa corporate dan terdapat halaman yang menjelaskan detail layanan yang disediakan secara detail, halaman address yang menunjukkan lokasi bisnis dan juga halaman kontak.

Konten yang Dapat Dipercaya

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan website sebagai media promosi, pastikan semua konten yang Anda buat di dalamnya memiliki nilai ‘trust’ yang tinggi. Semakin banyaknya bisnis yang menjamur akan semakin banyak pula website yang bertebaran di Internet. Untuk itu, agar dapat lebih kompetitif, sangat disarankan untuk menaruh konten yang dapat dipercaya.

Perlu dicatat ya, konten adalah senjata pamungkas sebuah bisnis dapat dikenal oleh masyarakat. Untuk itu, buatlah konten kreatif namun dapat dipercaya kredibilitasnya. Hal ini tujuannya untuk menjaga kepercayaan para pembeli. Karena ketika pembeli membeli barang Anda dan tidak sesuai dengan ekspekstasi, hal tersebut bisa menjadi bumerang untuk bisnis yang Anda jalani.

Deskripsi Jasa Produk di Website Harus Informatif

Tips selanjutnya adalah mengenai deskripsi jasa atau produk yang Anda letakkan pada website. Pastikan semua produk dan layanan yang Anda tawarkan informatif jadi calon partner tahu apa yang akan mereka akan beli dan dapatkan.

Deskripsi jasa dan produk sangatlah penting agar tidak memberikan kesalahpahaman dengan calon partner. Tulislah deskripsi jasa atau produk yang akan Anda tawarkan secara detail sehingga ketika menjalankan kerjasama akan sesuai dengan ekspektasi.

Melakukan SEO untuk Kata Kunci yang Sesuai

Selain konten dan deskripsinya, Anda harus memanfaatkan SEO (search engine optimazation). Manfaat SEO sendiri bukan hanya mendatangkan pengunjung ke dalam situs Anda secara organic. Dengan SEO Anda bisa mengenalkan brand Anda kepada target market. Tahap awal dalam SEO adalah analisa pasar berdasarkan kata kunci yang ingin di optimisasi.

Tidak semua kata kunci yang menghantarkan pengunjung bisa menghasilkan konversi rate yang bagus, meski dalam kategori bisnis yang sama. SEO bisa lebih menghemat pengeluaran Anda untuk promosi online,apalagi jika semua optimisasi bisa Anda lakukan sendiri.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang memasarkan bisnisnya lewat internet mempekerjakan SEO specialist untuk memaksimalkan visibilitas halaman situs mereka di mesin pencari. Salah satunya adalah Regenesis, perusahaan distributor alat kecantikan yang mengoptimasi websitenya untuk berbagai kata kunci terkait produk alat kecantikan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: