Press "Enter" to skip to content

Sistem Periklanan Unik Ala Instagram

iklan instagram

Siapa yang tak mengenal Instagram, salah satu media sosial besar yang memiliki jumlah pengikut yang terbilang banyak. Instagram merupakan media sosial yang pertama kali mencetuskan konsep photo sharing sebagai layanan utamanya. Pengikut dapat memposting, like dan share berbagai foto melalui media sosial ini. Dengan sedikit editing serta penambahan filter yang sudah tersedia pada platform Instagram. Jenis media sosial ini dapat membuat foto anda terlihat apik! Tidak hanya itu saja, setiap pengguna juga dapat melihat foto yang dimiliki oleh kerabat maupun orang lain sekalipun.

Selain beberapa kelebihan yang saya sebutkan, media sosial yang memiliki filter foto dan editing yang sederhana namun elegan ini juga memiliki sebuah keunikan dalam sistem periklanannya. Tidak seperti media sosial lainnya yang hanya menerapkan iklan-iklan konvensional yang sering kali mengganggu kita dalam berselancar. Instagram punya caranya tersendiri dalam mendatangkan profit. Berikut adalah ulasannya:

Konsep iklan yang ditawarkan

Meskipun saham Instagram sudah diakusisi dan menjadi bagian dari Facebook. Media sosial ini tetap dituntut oleh induk perusahaan untuk menambah pemasukan atau profit. Akan tetapi, ada sebuah prinsip yang ditanam di dalam diri Kevin Systrom yang merupakan founder Instagram. Ia merasa bahwa iklan-iklan konvensional yang sering diterapkan pada platform-platform media sosial pada umumnya merupakan bentuk kemunduran era digital.

Netizen atau pengguna internet kerap kali terganggu dengan iklan-iklan yang sering muncul pada layar ponsel atau gadget anda. Hal inilah yang mendorong pria yang merupakan inventor medsos berbasis photo sharing ini untuk membuat sebuah iklan dengan konsep elegan namun sangat efektif bagi kedua belah pihak (kedua belah pihak tersebut adalah netizen dan pemasang iklan).

Baca juga: Trik Jitu Menjadi Selebgram Sukses Dengan Penghasilan Melimpah

Penerapan konsep iklan Instagram

Setelah mendapatkan konsep yang pasti, pihak Instagram akhirnya melaksanakan seleksi yang cukup ketat. Menurut Direktur Operasional Instagram, selesksi ini hanya dilakukan oleh brand-brand populer yang sudah memiliki nama di mata masyarakat. Seleksi dilakukan berdasarkan beberapa kriteria seperti konten akun yang baik serta jumlah follower yang dimiliki akun pemasang iklan. Setelah melakukan berbagai macam jenis seleksi untuk pemasang iklan.

Pada akhirnya salah satu brand fashion terkemuka, Michael Kors (MK) waktu itu dipilih Instagram sebagai pemasang iklan. Dengan memasukkan berbagai foto dan video dari produk-produk yang mereka keluarkan pada akun Instagram MK. Setelah meletakkan foto maupun video produk, Instagram akan mengintegrasi foto-foto maupun video tersebut ke dalam photo stream sesuai kawasan pengguna yang diiincar (waktu itu Instagram mengintegrasikannya ke dalam photo stream pengguna pada kawasan Amerika).

Hasilnya? Tentu saja sangat efektif! Tidak membutuhkan waktu lama, akun Instagram MK menjadi kebanjiran follower atau pengikut. Hal inipun secara langsung membuktikan bahwa promosi yang dilakukan pihak MK dalam mengupload foto-foto dan video mereka serta cara Instagram dalam meletakkan iklan tersebut pada photo stream sangat efektif. Menurut salah satu sumber percaya, jumlah follower MK saat itu bertambah sebanyak 33.985 follower. Saat ini, akun MK telah memiliki likes yang diberi oleh lebih dari 217.700 pengguna Instagram pada photo stream. Jika kita rata-rata, jumlah likes rata-rata untuk segala jenis konten yang telah diraih MK adalah 46.000 likes.

Kunci keberhasilan Instagram

Berbagai jenis iklan seperti banner yang bisa muncul di berbagai sisi konten atau jenis iklan konvensional lainnya tidak akan anda temukan di Instagram. Iklan yang tadinya bersifat sangat mengganggu penglihatan kita sekaligus tampilan visual sebuah media sosial. Saat ini bisa kita nikmati tentu saja melalui aplikasi Instagram. Hasil dari inovasi tersebut dapat kita lihat dari jumlah pengguna Instagram yang selalu bertambah serta banyaknya brand produk-produk ternama dunia yang hendak memasang iklan di Instagram.

Strategi iklan yang diterapkan Instagram mampu menciptakan kenyamanan serta menggugah minat pengguna rasa penasaran pengguna akan suatu produk tersebut. Tanpa mengorbankan kualitas serta tampilan visual suatu media sosial dengan cara memasukkan foto dan video pada akun pemasang iklan serta mengintegrasikannya kepada photo stream berdasarkan kawasan, Instagram dinilai sukses dalam memberikan jasa periklanan.

Anda dapat menggunakan jasa iklan Instagram dari iklansosmed, portfolio dan testimoni bisa lihat di Instagram kami https://www.instagram.com/digitalagencyindonesia

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: