Press "Enter" to skip to content

Menginspirasi Dan Terinspirasi Lewat Pinterest

Terinspirasi Lewat Pinterest
Designed by Freepik

Sosial media telah menjadi gaya hidup dan kebutuhan manusia jaman sekarang. Banyak orang rela perutnya lapar asal bisa membeli paket kuota internet agar bisa terus berhubungan dengan teman di sosial media. Saat ini telah banyak aplikasi sosial media tak berbayar yang dapat digunakan oleh semua orang baik tua maupun muda. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak hanya berfungsi sebagai penyambung silaturahmi. Tapi juga dapat memiliki fungsi dalam memajukan dunia bisnis. Menambah pundi-pundi rupiah dan bahkan untuk berbagi ide serta kreasi kreatif para penggunanya.

Baca juga: Mendulang Rupiah Lewat Facebook Ads

Apakah Pinterest Itu?

Pinterest merupakan satu diantara banyak sosial media yang memiliki fungsi untuk berbagi ide-ide kreatif para penggunanya. Pengguna Pinterest memang tidak sebanyak Facebook, namun aplikasi ini cukup mengambil hati para penggemar sosial media. Pinterest merupakan aplikasi sosial media yang berfungsi utama untuk membagikan ide-ide kreatif penggunanya.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengunggah foto-foto hasil karya kreatifnya bersama dengan cara-cara pembuatannya. Karya-karya yang diunggah pun tidak sebatas pada kerajinan tangan saja. Namun lebih luas cakupannya seperti kuliner, dekorasi rumah, fotografi, kecantikan, serta karya-karya seni rupa lainnya.

Bagaimana Cara Mendaftar ke Pinterest?

Para pengguna dapat mendaftar ke Pinterest dengan dua cara yaitu membuat akun Pinterest dan mendaftar dengan menggunakan akun Twitter atau Facebook yang telah dimiliki sebelumnya. Langkah pertama, pengguna harus mengunduh aplikasi Pinterest yang tersedia gratis di App Store pada smartphone.

Selanjutnya pengguna dapat langsung mendaftar dengan memasukkan email, user id dan password yang diinginkan. Setelah mendapat konfirmasi aktivasi, barulah pengguna dapat masuk dan menggunakan aplikasi ini. Lain halnya bila mendaftar dengan menggunakan Twitter atau Facebook. Setelah mengunduh aplikasi pengguna dapat langsung masuk dengan hanya memilih salah satu akun.

Menginspirasi Lewat Pinterest

Pengguna dapat membagikan ide atau karya-karyanya dengan cara mengunggah foto dan cara pembuatan karya tersebut untuk menginsipirasi pengguna lainnya. Pengguna juga akan mendapatkan notifikasi bila ada pengguna lain yang menyukai karya-karya tersebut. Pinterest tidak membatasi karya apa saja yang boleh dimuat selama tidak menyalahi aturan norma dan tidak bersifat menghina suatu golongan tertentu.

Karya apapun yang dimiliki oleh pengguna, meski sangat sederhana, dapat diunggah dan dilihat oleh seluruh pengguna lainnya. Pinterest juga telah membuat beberapa kategori untuk mengelompokkan hasil karya kreatif para penggunanya. Misalnya kelompok kuliner, lukisan, kerajinan tangan, kosmetik, kecantikan, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mengunggah cake indah buatan Anda, unggahlah dalam kategori kuliner atau cake.

Terinspirasi Lewat Pinterest

Jika Anda belum percaya diri untuk mengunggah hasil karya sendiri. Terlebih dahulu Anda bisa melihat galeri karya-karya pengguna lain yang telah dikelompokkan dalam berbagai kategori. Sebagai contoh, Anda ingin membuat buket bunga kertas. Anda cukup melakukan pencarian dengan kata kunci “paper flower” atau “bunga kertas”. Nantinya akan muncul berbagai macam hasil karya bunga kertas.

Cara lainnya, Anda dapat masuk ke dalam kategori tertentu, kemudian mencari karya yang diinginkan. Jika Anda ingin menyimpan hasil karya yang menginspirasi. Ada menu simpan atau save yang bisa digunakan dan secara otomatis karya tersebut akan tersimpan pada menu Boards.

Ribuan karya apik dari seluruh dunia dapat diunduh dan disimpan melalui aplikasi ini. Banyak inspirasi luar biasa yang bisa didapatkan hanya melalui aplikasi ini. Kita tidak perlu repot mendatangi para pengrajin jika ingin belajar membuat berbagai hal, cukup dengan Pinterest.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: