Press "Enter" to skip to content

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Intel Ice Lake, Teknologi Intel Terdepan

intel ice lake
Hardwarezone

Bagi Anda yang pekerjaan sehari-harinya berkutat dengan laptop atau komputer yang membutuhkan performa tinggi, seperti graphic designer, programmer aplikasi mobile, website developer, arsitek, music composer, dll, kehadiran Intel Ice Lake ini bisa menjadi kabar gembira bagi Anda.

Intel menggebrak CES 2019 di Las Vegas dengan mengumumkan produk barunya yang bartajuk Intel Ice Lake dengan prosesor 10nm. Produk ini nantinya akan melengkapi jajaran produk Ice Lake lainya.

Dalam event Consumer Electronics Show tahun ini, Intel menjanjikan laptop yang belum pernah ditawarkan sebelumnya. Kali ini kami akan memberikan detail lebih lanjut mengenai produk terbaru Inte satu ini.

Apa itu Intel Ice Lake?

Ice Lake merupakan platform laptop terbaru dari Intel. Produk ini akan menjadi keluarga besar Intel pertama yang menggunakan proses pembuatan 10nm.

Intel Ice Lake diramalkan akan berada di generasi kedua yang bersaing dengan laptop Ryzen 9 dan Ryzen 5 yang berkekuatan hingga 12nm. Kedua produk keluaran Ryzen ini telah menjadi perhatian para pecinta teknologi baru-baru ini, seperti halnya chip Intel 9th Gen sebelumnya, yang berkekuatan 14nm++.

Spesifikasi Intel Ice Lake

Hingga artikel ini diturunkan belum ada yang tahu mengenai rincian spesifik dari Ice Lake CPU. Namun, juru bicara Intel mengatakan bahwa mengenai arsitektur platform. Laptop ini kabarnya akan menggantikan Cannon Lake 10nm yang rencananya akan dirilis pada tahun 2016, 2017, dan 2017.

Dengan dibatalkannya Cannon Lake, Intel Switching Gear kemudian mendiskusikan tentang produk Ice Lake. Produk lini ini juga memiliki kekuatan 10nm, yang berdasarkan arsitektur Sandy Cove.

Laptop juga akan menampilkan arsitektur grafis yang terintegrasi dengan Gen11. Desain ini menawarkan dukungan untuk teknologi Intel Adaptive Sync yang fokus dalam fungsi gaming. Tujuannya untuk memperlancar laju frames dan menawarkan kinerja hingga 1 TFLOP. Menurut Intel, platform Intel Ice Lake juga akan menjadi produk pertama yang dilengkapi dengan Thunderbolt 3 dan Wi-Fi 6 serta teknologi DL Boost yang berfokus pada AI.

Lebih Tipis dan Ringan

Intel mengklaim bahwa laptop ini jauh lebih tipis dibandingkan sebelumnya. Walaupun begitu, tampaknya Intel tidak begitu memperhatikan mengenai desain yang lebih tipis. Kemajuan desain yang lebih tipis hanyalah sebuah efisiensi yang semula diproyeksikan oleh Intel.

Dilansir dari Digital Trend, berbagai sumber menunjukkan laptop prototype berbasis Ice Lake dan semuanya memiliki ketebalan yang hampir sama. Misalnya saja iPad Pro yang memiliki kerampingan yang luar biasa. Acer Swift 7 yang tebalnya kurang dari 10 milimeter. Hal ini bisa menjadikan Intel Ice Lake produk yang super biasa.

Baterai yang Tahan lama

Ice Lake menawarkan beberapa kekuatan dalam baterainya. Pertama ia menggunakan daya yang lebih kecil karena debut 10nm-nya yang lebih efisien. Kedua, chip yang diciptakan lebih kecil dari sebelumnya. Seperti halnya motherboard yang melekat pada laptop ini.

Intel belum membuat klaim resmi mengenai Ice Lake, tetapi juru bicara Intel mengklaim bahwa laptop ini mampu bertahan hingga 25 jam. Sebagai perbandingan, Whiskey Lake yang merupakan Core generasi ke-8 mampu bekerja hingga 16 jam.

Ultrabook kini memegang posisi laptop tercanggih dengan berat yang begitu ringan serta tipis. Tak hanya itu, sebagian besar laptop ‘terkini’ juga dilengkapi dengan solid state drive. Kini, Intel mencoba untuk menyaingi ultrabook dengan prosesor barunya.

Dengan segala kemampuannya tersebut, bisa dipastikan perangkat laptop dan komputer yang menggunakan Intel Ice Lake sanggup memberikan performa yang memuaskan untuk berbagai fungsi, seperti melakukan pekerjaan kantor, browsing internet, hingga menjalankan software kelas enterprise seperti software design, software akuntansi, atau software enterprise lainnya.

Apakah laptop Ice Lake akan berhasil? Kita tunggu saja review nya nanti ya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: