Press "Enter" to skip to content

Mengenal Apa Itu Dropship

Mereka yang baru saja memulai bisnis online sering kali bertanya “Apa Itu Dropship?” bagi Anda yang telah lama melakukan bisnisn online tentunya tidak asing dengan kata yang satu ini. Namuan jika Anda seorang pemula, sebaiknya Anda simak penjelasan berikut ini :

Dropship dikenal sebagai teknik dari cara pemasaran  yang mana penjual umumnya tidak akan menyimpan stok dari barang yang dimilikinya. Pasalnya setiap kali penjual mendapatkan order, maka mereka pun akan secara langsung meneruskan orderan tersebut pada bentuk detail pengiriman barang menuju distributor atau supplier atau bahkan konsumen

Dari penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan, bahwa Dropship adalah sistem atau pun pola bisnis yang cukup populer, utamanya setelah kemunculan dari dunia digital dengan jaringan internet. Pola dropship banyak membantu, utamanya bagi supplier, kemudian dropshipper atau bahkan konsumen/ pembeli. Supplier dikenal sebagai pemilik barang yang tentunya memiliki stok. Sedangkan dropship dikenal sebagai pihak penjual atau marketer/ seller yang tentunya menjual barang milik supplier. Sedangkan konsumen adalah pembeli yang membeli barang dari dropshipper.

apa itu dropship

Apa itu perbedaan antara dropship dan reseller?

Dropship dan reseller seringkali disamaartikan, hal ini berkaitan dengan banyaknya persamaan dari kedua sistem yang digunakannya tersebut, sedangkan untuk perbedaan yang dimilikinya hanya ditunjukkan melalui keberadaan stok barang yang dimilikinya saja. Dengan kata lain, untuk menjadi reseller tentunya Anda harus memiliki modal terlebih dahulu. Pasalnya Anda harus melakukan pembelian barang dan kemudian menyetoknya untuk kemudian dijual kembali. Sedangkan untuk dropship, Anda tidak memerlukan modal untuk melakukan penjualan. Pasalnya dropship dalam menjual produk dalam bentuk gambar terlebih dahulu. Sehingga spesifikasi produk atau bahkan jasa yang ditawarkan pun umumnya akan diperlihatkan melalui urutan menu yang tersedia.

Lantas dimana letak peluang bisnis yang dimilikinya?

Dari penjelasan di atas tadi, masih banyak diantaranya masyarakat yang tidak mengerti. Padahal jika Anda cukup cerdas untuk memikirkannya, maka Anda pun dapat mengetahui degan lebih pasti. Bahwa bisnis dropship ini dapat dilakukan dengan tanpa danya modal barang sedikit pun. Dengan kata lain, untuk stok yang dimilikinya disimpan di pihak supplier saja, dan tidak harus ada stok terlebih dahulu. Merujuk pada perkembangan jaringan internet yang semakin luas, tentunya Anda dan siapa pun itu juga dapat menjadi dropshiper. Utamanya selama masih ada niat, kemauan, serta kemampuan yang cukup mumpuni di bidang tersebut.

Keuntungan yang dapat diraih dari dropshiper

Sistem dropshiper mampu memberikan keuntungan bagi siapa pun yang ikut tergabung diantaranya. Dengan kata lain, bagi pihak supplier, sistem ini dapat membantu mereka untuk memasarkan produk dengan lebih mudah dan luas. Dan begitu pun bagi dropshipper yang tentunya juga bisa mendapatkan penghasilan dengan jumlah yang besar. Pasalnya menjadi dropshipper Anda bisa menentukan berapa jumlah keuntungan yang Anda inginkan. Karena harga yang diberikan supplier pada Anda itu umumnya hadir dengan harga yang lebih murah.

Skill atau kemampuan yang dibutuhkan

Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha dengan cara dropship, maka Anda pun tidak memerlukan modal khusus untuk dimiliki. Namun hal ini jelas berbeda, utamanya jika Anda ingin mendapatkan hasil yang memuaskan. Maka tidak ada salahnya untuk menambah skill atau kemampuan yang Anda miliki dengan beragam keahlian lainnya, seperti halnya keahlian dalam bidang marketing. Sedangkan untuk kemampuan dasar yang wajib untuk Anda miliki diantaranya adalah penguasaan dan pemahaman internet khususnya media sosial, kemudian marketplace dan lainnya. Sedangkan untuk kemampuan advanced jenis lain yang juga turut diperlukan adalah pemahaman dari SEO atau Search Engine Optimization (SEO), kemudian Sosial Media Optimization (SMO), tehnik closing, copywriting,dan beragam hal lainnya.

Baca juga: Tips Jitu Optimasi Trafik Website dengan SEO

Cara memulai dropship

Dari penjelasan di bagian atas tadi tentunya Anda pun telah mengetahui beragam hal-hal serta informasi mendasar yang dimiliki nya di bagian atas tadi bukan. Karena itulah hal selanjutnya yang harus Anda lakukan pun adalah memulainya terlebih dahulu. Untuk permulaan Anda dapat mencari supplier yang dekat terlebih dahulu, seperti di Tokopedia atau Bukalapak. Selain itu Anda juga dapat membantu menjualnya dengan lebih mudah, apalagi untuk jenis produk berkualitas tinggi .

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai Apa Itu Dropship dan beragam penjelasan mendasarnya dalam bisnis online.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: