Press "Enter" to skip to content

Mendulang Rupiah Lewat Facebook Ads

 

cara facebook ads yang efektif
Designed by Freepik

Saat ini manusia hidup di era digital dengan fasilitas internet yang sangat memadai. Semua orang pasti mengenal internet dan cara penggunaannya. Salah satu yang ikut berkembang pesat dengan keberadaan internet adalah sosial media, Facebook contohnya. Plaform sosial media yang dirintis oleh seorang anak muda luar biasa bernama Mark Zuckerberg ini telah menjadi sosial media nomor wahid di dunia. Pengguna Facebook di dunia telah mencapai angka sekitar 1,3 milyar dan orang Indonesia masuk dalam jajaran pengguna terbesar nomor 4 di dunia.

Fitur-fitur dalam Facebook

Facebook menjadi sosial media terbesar di dunia karena fitur-fitur di dalamnya yang menarik dan mudah digunakan. Sebagian besar pengguna memanfaatkan Facebook sebagai alat dalam mencari teman lama dan menemukan teman baru. Luasnya jaringan yang dapat dijangkau oleh Facebook memungkinkan penggunanya untuk dapat berinteraksi dengan siapa saja dari seluruh penjuru dunia. Oleh karena itulah, sebagian orang juga mulai memanfaatkan Facebook sebagai media dalam mempromosikan bisnis dan usahanya.

Facebook menyediakan fitur Fan Page (FP) bagi para pelaku usaha untuk membangun rumah digital bagi bisnisnya. Para pengusaha dapat membuat FP semenarik mungkin agar pengguna Facebook lainnya berminat untuk mengunjungi FP, yang artinya semakin banyak pengunjung maka semakin banyak pula calon konsumen. Melalui fitur FP ini bisnis para pengusaha dapat tersosialisasi lebih luas kepada semua orang khususnya para pengguna Facebook.

Adakalanya FP yang telah disusun dengan luar biasa ternyata masih sepi pengunjung dan membuat motivasi para pengusaha menurun. Sekarang ini Facebook telah memiliki solusi atas masalah tersebut melalui fitur Facebook Ads atau beriklan lewat Facebook. Fitur ini merupakan fitur pasang iklan berbayar yang memfasilitasi para penggunanya untuk mengiklankan FP yang telah dimilikinya.

Facebook Ads

Facebook Ads dapat menjadi sarana untuk mendulang rupiah bila kita tahu benar cara memanfaatkannya. Tidak ada salahnya sedikit belajar menggunakan aplikasi ini dengan baik agar pundi-pundi rupiah mengalir ke kantong kita. Berikut langkah-langkah mudah untuk mengaktifkan Facebook Ads.

  1. Membuat FP Terlebih Dahulu

Pastikan Anda telah mengaktifkan dan membuat Facebook Fan Page yang berisi tentang usaha atau barang yang akan Anda tawarkan kepada konsumen. Tidak ada aturan baku untuk membuat FP, yang terpenting adalah FP dibuat semenarik mungkin. Mengandung seluruh informasi tentang barang atau jasa yang ditawarkan serta tidak berisi hal-hal yang kurang sopan atau mengandung SARA. Anda dapat membuat FP melalui link berikut Buat Halaman.

  1. Pilih Pengaturan Iklan yang Tersedia

Setelah FP selesai dibuat, saatnya memilih pengaturan iklan yang telah tersedia di Facebook Ads. Ada tiga pilihan pengaturan yaitu Get More Page Likes, Promote Page Posts dan Advance Options. Pada  Get More Page Likes, memungkinkan pengiklan untuk membuat judul, gambar dan teksnya sendiri. Untuk pilihan Promote Page Posts, Facebook akan otomatis memilih iklan yang akan ditampilkan berdasarkan unggahan terbaru pada halaman FP. Pilihan terakhir adalah Advance Options dimana pengiklan dapat memilih sendiri iklan yang akan dipromosikan beserta harga yang ingin dibayarkan dari iklan tersebut.

  1. Pilih Target Konsumen atau Khayalak

Selanjutnya pilihlah target konsumen yang menjadi sasaran iklan Anda. Beberapa kategori telah disediakan oleh Facebook dari mulai usia, tempat tinggal, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Fitur ini memungkinkan pengiklan untuk memilih calon konsumen yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

  1. Tentukan Harga dan Penjadwalan Tayangan Iklan

Langkah terakhir yaitu menentukan harga dan jadwal tayangan iklan. Semakin sering iklan ditayangkan, semakin tinggi pula biaya yang harus dibayarkan ke Facebook. Metode pembayarannya pun cukup mudah diakses, seperti melalui ATM atau kartu kredit. Setelah Anda melakukan pembayaran, Facebook Ads pun akan mulai menayangkan iklan FP Anda dan bersiaplah untuk menerima berbagai penawaran dari konsumen.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: