Press "Enter" to skip to content

No Blog No Brand. Mengapa? Ini Dia 5 Alasan Kuatnya

cara branding bisnis
rawpixel.com

Apakah Anda sedang merintis sebuah bisnis? Jika ya, berarti saat ini Anda sedang membutuhkan brand agar bisnis Anda lebih mudah dikenal masyarakat. Brand memang menjadi strategi pemasaran yang jitu untuk mengembangkan sebuah bisnis. Tidak hanya itu saja, sebagai penunjang, Anda juga membutuhkan sebuah blog.

Lho, apa hubungan antara blog dan brand? Wow…, jangan ditanya. Keduanya memiliki hubungan yang sangat erat. Brand yang tidak dipromosikan, salah satunya di media online, tidak akan dikenal banyak orang. Dan, salah satu media online yang cocok digunakan untuk mengenalkan brand adalah blog.

Terlebih, di era yang serba modern dan canggih ini, di mana waktu dan jarak sudah tidak menjadi masalah lagi. Hanya dengan melalui blog, segala hal yang sedang Anda kerjakan, termasuk mengembangkan brand sebuah bisnis, akan dengan cepat dikenal seluruh orang di dunia. Apa itu saja peran penting blog bagi bisnis Anda? Tentu tidak. Berikut ini 5 alasan mengapa blog sangat penting bagi berkembangnya sebuah brand.

1. Memperkuat Citra Brand Bisnis Anda

Tidak bisa dipungkiri, saat ini media online menjadi pilihan utama bagi pebisnis untuk mengembangkan usahanya. Para pelaku bisnis, baik besar maupun kecil, berlomba-lomba memasarkan produknya melalui media online, salah satuya blog. Selain tidak membutuhkan biaya banyak, promosi dengan cara ini juga mudah dilakukan dan dapat menjaring banyak konsumen di seluruh dunia.

Blog juga sangat cocok digunakan untuk membranding sebuah brand. Hal ini semakin diuntungkan dengan makin banyaknya para pengguna internet. Kesempatan untuk menguatkan citra brand Anda melalui blog akan semakin terbuka lebar.

2. Media Promosi Paling Jitu

Blog tidak hanya dapat digunakan untuk pebisnis berbasis online. Bagi Anda yang mempunyai bisnis offline, juga bisa memanfaatkan media online ini. Sebab, jangkauan konsumen yang Anda dapatkan akan semakin luas lagi. Tidak hanya lokal, konsumen di berbagai belahan bumi pun dapat Anda jaring. Ya, blog memang pilihan paling jitu untuk melakukan promosi. Meskipun tidak semua orang yang mengunjungi blog Anda melakukan transaksi, namun nama brand bisnis Anda sudah mereka kenal dan semakin berkibar.

3. Meningkatkan Popularitas melalui Teknik SEO

Saat ini, teknik SEO sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi pemakai media online. Sebab, teknik ini bisa mendongkrak popularitas bisnis Anda dengan lebih cepat. Apa pun informasi yang Anda berikan, produk yang Anda jual, atau bisnis yang Anda tawarkan, SEO mempunyai peran penting.

Saking efektifnya teknik ini, membuat perusahaan-perusahaan besar rela mengeluarkan biaya besar untuk menyewa ahli SEO. Bagaimana tidak? Dengan teknik SEO, search engine akan segera menunjukkan alamat blog Anda kepada siapa saja yang mengunjunginya. Dan, ketika posisi brand Anda ada di atas, semakin popular brand dan bisnis Anda. Akibatnya, potensi transaksi di bisnis Anda pun semakin meningkat.

4. Ajang Lalu Lintas Berbagai Informasi untuk Meningkatkan Brand

Dengan adanya blog, lalu lintas informasi tentang brand pun akan lancar. Sebagai contoh, Anda memberikan berbagai informasi penting tentang brand bisnis yang sedang Anda kembangkan, misalnya informasi tentang diskon, promo, atau produk baru. Tujuan dari pemberian informasi ini adalah untuk mendapatkan respon dari para konsumen. Saat respon dari konsumen datang, Anda dapat melakukan analisis. Hasil analisis inilah yang kemudian dapat Anda jadikan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas produk dari bisnis Anda, sehingga brand Anda semakin bagus di mata konsumen.

5. Bahan Promosi di Media Sosial

Saat ini, berbagai jenis media sosial ada di tengah masyarakat. Fitur yang disajikan pun juga semakin ciamik. Nah, blog dapat Anda gunakan sebagai bahan untuk promosi di berbagai media sosial tersebut. Semakin banyaknya pengguna media sosial saat ini  memberi peluang bagi Anda untuk mempromosikan brand bisnis Anda dan menjaring banyak konsumen.

Itulah lima alasan kuat mengapa blog sangat penting bagi berkembangnya sebuah brand. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mengembangkan brand dari bisnis yang digeluti, blog menjadi sesuatu yang wajib Anda miliki.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: