Press "Enter" to skip to content

Langkah Langkah Membuat Blog Sederhana Bagi Pemula

langkah langkah membuat blog
Designed By nuchylee / Freepik

Apa saja Langkah Langkah Membuat Blog? Bentuk pertanyaan yang satu ini kerap kali dinyatakan oleh mereka yang baru saja bergabung dalam dunia maya atau jarang online. Memang bagi para pemula membuat blog sendiri itu bukanlah hal mudah yang bisa dilakukan begitu saja. Hal ini berkaitan dengan pengetahuannya dari dunia maya yang masih sangat terbatas. Sehingga dibutuhkan adanya panduan tepat untuk menghasilkan blog yang cukup menarik. Berikut ini adalah beberapa langkah tepat yang bisa Anda lakukan dalam pembuatan blog dan juga menjadi bagian yang wajib untuk diperhatikan di awal pembuatannya, diantaranya :

1.  Menentukan topik blog
Topik blog adalah hal pertama yang wajib untuk Anda perhatikan ketika hendak membuat blog, mengapa demikian? Karena banyak diantaranya blog yang tidak memiliki topik dengan tepat, atau kurang menarik sehingga jarang dikunjungi. Karena itulah pastikan untuk menentukan blog dengan topik yang jelas atau tidak berantakan. Selain itu pastikan pula untuk membuat topik yang mampu menarik banyak orang. Pasalnya topik yang tidak dikuasai atau bahkan tidak banyak diminati umumnya akan menimbulkan kualitas buruk pada blog yang Anda miliki. Dengan topik yang tepat, tentunya konten yang berada di bagian dalamnya pun akan saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Selain lebih menarik, merek yang mengunjunginya pun dapat melanjutkan berselancar dengan melihat konten-konten lainnya pula, sehingga blog yang Anda miliki pun tidak akan sepi dari pengunjung.

Baca juga: Jadi Traveler Blogger Tanpa Biaya Tinggi

2.  Menentukan platform yang hendak digunakan
Bagian yang satu ini dikenal sebagai langkah yang paling sulit untuk dilalui, mengapa demikian? Pasalnya teknologi itu sendiri semakin lama semakin canggih, sehingga penulisan blog pun dapat Anda lakukan dengan lebih mudah seperti halnya ketika Anda menulis di MS. Word. Lebih dari itu untuk platform yang cocok bagi pemula terdapat 3 bentuk pilihan utama yang bisa Anda gunakan. Diantaranya terdiri dari blogspot, kemudian wordpress.com serta wordpress.org. Selain ketiga platform tersebut sebenarnya masih banyak platform lain yang bisa Anda gunakan. Namun untuk mempermudah Anda ada baiknya untuk menggunakan platform tersebut di awal percobaan.

3.  Tentukan layanan hosting serta domain
Setelah platform bagian selanjutnya yang juga patut untuk Anda persiapkan adalah pemilihan dari penyedia layanan domain serta hosting, bagi Anda yang telah bergelut dengan dunia online tentunya sudah tidak asing dengan kedua hal tersebut bukan. Namun berbeda halnya dengan mereka yang masih pemula, lantas apa yang disebut dengan domain dan hosting tersebut? Berikut penjelasannya:
Domain dikenal sebagai nama atau bahkan alamat dari website yang Anda miliki. Sedangkan hosting adalah tempat untuk menyimpan beragam jenis file-file yang tersimpan di dalam blog yang Anda miliki. Dengan kata lain hosting ini memiliki peran yang tidak jauh berbeda dengan harddisk pada komputer yang Anda miliki.

4.  Menentukan nama domain
Jika layanan domain serta hosting telah Anda pilih, maka pastikan pula untuk menentukan nama domain yang hendak Anda gunakan. Penggunaan nama domain dapat disesuaikan dengan topik dari blog yang telah Anda tentukan di bagian pertama tadi. Namun pastikan pula untuk tidak membuat nama domain yang sama dengan jenis domain yang telah ada sebelumnya. Selain itu pastikanlah untuk menggunakan domain yang mudah untuk diingat oleh semua orang. Karena dengan nama domain yang familiar, maka website yang Anda buat pun dapat dikunjungi dengan lebih mudah oleh masyarakat luas lainnya.

5.  Instalasi blog dengan self hosted pada platform wordpress
Bagian paling akhir dari langkah membuat blog yang harus Anda lakukan adalah mengikuti proses instalasi. Ketika langkah yang satu ini dilakukan, Anda tidak perlu merasa khawatir pasalnya panduan untuk melakukan instalasi itu, akan muncul dengan sendirinya ketika Anda melakukan instalasi pada website itu sendiri. Dengan kata lain panduan tersebut bisa Anda ikuti secara langsung hingga proses instalasi blog tersebut dimulai berakhir. Dan pada bagian akhirnya pembuatan blog yang Anda lakukan pun siap untuk digunakan.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari beberapa Langkah Langkah Membuat Blog dengan tepat dan mudah yang bisa Anda ikuti.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: