Press "Enter" to skip to content

Kiat Jitu Belanja Online di Instagram

Pada era komunikasi yang serba canggih seperti saat ini orang lebih mudah untuk belanja online. Media sosial  juga  mengalami perkembangan fungsinya. Apabila dahulunya hanya digunakan sebagai ajang reuni dan menjalani menyambung tali silaturahmi saja. Namun saat ini banyak sekali orang yang menggunakannya untuk kepentingan bisnis seperti berjualan. Sehingga akan dapat digunakan untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Hal ini didukung dengan pengguna yang semakin banyak. Dengan demikian potensi dalam menjalani bisnis dan mempromosikan produk tertentu pastilah akan lebih mudah dijalani.

belanja online

Seperti media sosial yang banyak digemari saat ini yaitu Instagram. Biasanya untuk pelaku bisnis di Instagram akan memanfaatkan video dan gambar dalam mempromosikan produknya. Sehingga pengguna Instagram dapat melihat produk dan spesifikasi yang ada didalamnya. Apabila merasa tertarik Anda hanya tinggal memesannya saja dan menjalani proses pembelian sesuai dengan aturan penjual. Akan tetapi hendaknya Anda harus memiliki kiat jitu saat berbelanja di Instagram tersebut.

Adapun kiat jitu berbelanja di Instagram yaitu:

  1. Baca testimoni pembeli

Dalam pembelian barang di Instagram usahakan untuk mengecek lebih detail mengenai produk yang yang akan dibeli. Pengecekan bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah yaitu membaca mengenai spesifikasi detail bahan yang digunakan, testimoni pembeli yang sudah mencoba produknya dan masih banyak lainnya. Anda harus mengecek mengenai komentar yang diberikan. Pastikan bahwa dalam memilih mengenai komentar positif saja. Hal ini akan mempengaruhi kepercayaan pelanggan. Ada baiknya tidak harus bergantung dari follower dalam jumlah yang banyak. Hal ini karena tidak akan menentukan namun testimoni akan mempengaruhi hingga sembilan puluh lima persen yang ada.

  1. Kenali para pembelinya

Biasanya apabila Anda belanja online tentu saja akan melihat selain komentar juga foto dari orang yang membelinya. Tak ada salahnya untuk memperhatikan apakah pembeli produk tersebut ada atau tidak artis terkenal. Hal ini karena bagaimana pun biasanya artis terkenal akan sangat sulit ditemui dan tidak mungkin membeli barang yang jaminan kualitasnya tidak jelas. Sehingga hal ini dapat menjadi tolak ukur meningkatkan kepercayaan Anda. Hal ini karena tidaklah mudah mendapatkan pembeli dengan kelas artis yang umumnya sangat pemilih. Sehingga bisa dikatakan tidak bisa sembarangan dan menjadi tempat yang bisa diprioritaskan.

  1. Memperhatikan jenis aslinya

Usahakan Anda tidak tertipu dengan efek kamera dan pencahayaan bagus dari kamera tersebut. Sehingga terkadang akan menjadikan gambar yang dimiliki tidak sedemikian bagusnya. Cara yang sebaiknya dilakukan saat belanja online adalah dengan mengidentifikasi gambar dari bahan yang digunakan. Sehingga pengenalan dan informasi yang jelas mengenai bahan yang digunakan akan sangat berpengaruh. Dengan demikian Anda tidak akan mudah tertipu dengan sifat bahan yang menentukan apakah Anda jadi membelinya atau tidak. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kemungkinan tindakan penipuan yang marak terjadi akhir-akhir ini.

  1. Sistem pembayaran yang dilakukan

Dalam menjalani pembelian dengan cara online pastikan mengenai sistem pembayaran yang dimiliki menggunakan beberapa pilihan. Beberapa jenis yang dapat dipilih adalah COD atau cash on delivery, transfer menggunakan satu rekening bank, atm bersama, kartu kredit, antar rekening dan paypal. Sedikit informasi untuk Anda bahwa apabila Anda menggunakan sistem COD usahakan untuk mengecek kondisi barang yang dibeli dalam keadaan baik. Sedangkan untuk jenis yang tidak mengunakan COD mulailah meminta resi resmi mengenai jenis eskpedisi, nama penerima, nama pengirim dan nomor resmi yang digunakan.

  1. Membandingkan harga

Dalam melakukan belanja online menggunakan Instagram atau pun media online lainnya usahakan untuk senantiasa membandingkan harga. Dengan perbandingan harga yang dimiliki tersebut tentu saja Anda akan dengan mudah mendapatkan produk yang sama dengan harga yang lebih murah. Anda tentu saja mengetahui bahwa persaingan mengenai penjualan cara online banyak dilakukan. Sehingga sebagai pembeli tak ada salahnya Anda lebih kritis. Untuk itu lakukan pembelian dengan minim harga namun kualitas yang maksimal. Mulailah mencari toko yang menjual produk yang sama hingga tiga atau empat tempat melalui website yang terpercaya. Apabila menggunakan sistem ini pilihan akan menjadi semakin banyak didapatkan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: