Press "Enter" to skip to content

Kiat Bisnis Online: Pelajari Kebiasaan Masyarakat Indonesia

bisnis online
sumber: freepik

Sama dengan strategi bisnis konvensional, setiap pelaku bisnis online baik itu bisnis jasa maupun barang pastilah berencana untuk meraih keuntungan. Hal tersebut dapat diraih apabila pelaku bisnis telah sukses mempelajari tingkah laku ‘targetnya’, yaitu konsumen. Konsumen tersebut tidak hanya satu, tapi ratusan bahkan milyaran. Target yang berjumlah milyaran yang tersebar di seluruh Indonesia tersebut memiliki selera serta perilaku yang selalu berubah-ubah di setiap zamannya. Dengan mempelajari tingkah laku konsumen, pelaku usaha dapat mengetahui hal apa yang sedang mereka butuhkan sekaligus perasaan mereka. Lalu, kebiasaan apa yang sedang diterapkan oleh masyarakat Indonesia saat ini?

Di era modern saat ini, internet menjadi prioritas utama dalam menjalani hidup. Khususnya di Indonesia, sangat jarang kita temukan orang-orang yang kurang piawai dalam menggunakan intenet. Begitu pula pada dunia dimana strategi marketing serta kepiawaian dalam menarik hati konsumen yang biasa kita sebut dengan ‘dunia bisnis’, saat ini intenet telah menjadi ‘senjata’ yang paling ampuh dalam menjalankan bidang tersebut. Karena itulah, mempelajari tingkah laku konsumen dinilai baik untuk diketahui! Berikut akan saya uraikan mengenai kebiasaan-kebiasaan yang kerap dilakukan masyarakat indonesia yang bisa dijadikan sebagai referensi pembelajaran Anda.

Smartphone disetiap kegiatan

Sedikit-sedikit smartphone, mungkin kalimat inilah yang dapat menggambarkan kebiasaan masyarakat Indonesia saat ini. Mulai dari chatting, suffering, browsing bahkan shopping sekalipun saat ini bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel pintar. Tidak ada lagi rasa repot untuk mencari refrensi melalui buku, smartphone dengan segala kehebatan lainnya dapat membantu Anda dalam mencarikan kebutuhanmu dengan cara menyimpan ebook, mengakses internet dan sebagainya. Dengan mengakses internet dan menggunakan smartphone, konsumen pun menjadi mudah dan efisiensi waktu. Saya merasa poin pertama ini merupakan poin utama sebagai cikal bakal poin berikutnya seperti ecommerce, aplikasi bahkan tantangan bisnis di era modern ini.

Ecommerce, sarana bisnis menjanjikan

Catatan yang dibuat oleh Kemenkominfo pun mengatakan bahwa perdagangan elektronik atau biasa kita kenal dengan ecommerce sudah semakin menjamur berkat kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengakses internet. Tidak hanya itu saja, menurut Direktur Tata Kelola Aplikasi Informatika Kemkominfo Fatima Barata mengungkapkan bahwa indonesia termasuk 10 besar dunia dalam menggunakan internet. Kedua hal ini sudah bisa dijadikan sebagai alasan mengapa Ecommerce bisa dijadikan sebagai sarana bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan memanfaatkan teknologi serta akses internet yang memadai, Anda bahkan Indonesia pun dapat menjadikan Ecommerce sebagai tumpuan perekonomian negara. Asalkan dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, semuanya bisa mungkin terjadi.

Aplikasi online dibutuhkan!

Apakah Anda menyadari akhir-akhir ini berbagai perusahaan dengan brand-brand ternama juga menciptakan toko di dunia online? Semua itu dilakukan tak lain karena hendak beradaptasi dengan kemajuan zaman. Antara mau atau tidak bahkan suka tidak suka sekalipun, demi mempertahankan usahanya, mereka pun akhirnya menciptakan aplikasi online untuk setiap brandnya.

Dalam hal ini, kita dapat pelajari bahwa mengenalkan dan menyediakan pelayanan online itu sangat dibutuhkan. Tidak harus aplikasi, jika perusahaan Anda masih memiliki budget yang kurang, Anda bisa memulainya dengan memperkenalkan produk-produk Anda melalui akun media sosial pribadimu! Anda juga bisa membuat website perusahaan Anda dan memperkenalkan produk/jasa apa yang hendak Anda tawarkan!

Tantangan melakukan bisnis online

Jika promosi kecil-kecilan Anda dengan menggunakan medsos, website atau bahkan aplikasi berjalan lancar, sekarang saatnya Anda mengambil langkah yang lebih efektif dalam melaksanakan bisnis online. Karena berbisnis online merupakan sebuah tantangan, Anda haru bisa menciptakan sebuah platform atau aplikasi yang menarik minat pasar. Tidak hanya itu saja, setiap pelaku bisnis juga harus tahu hal apa yang sedang dibutuhkan pasar saat itu tanpa melupakan beberapa faktor utama berjalannya bisnis seperti pendanaan, sumber daya manusia serta teknologi yang baik. Mengenai pendanaan, Anda bisa saja menjalin diplomasi dengan pengusaha kaya atau provider internet sebagai penyedia layanan pokok penggerak bisnis.

Dengan mengetahui kebiasaan masyarakat-masyakat Indonesia dalam berinternet ria, diharapkan hal ini dapat menciptakan peluang bisnis yang menguntungkan bagi Anda.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: