Press "Enter" to skip to content

Keuntungan Pasar Bebas dan Definisnya

Keuntungan Pasar Bebas dan Definisnya – Istilah pasar bebas, pasar terbuka atau perdagangan bebas memang sering terdengar di publik khususnya beberapa belakangan tahun ini. Bahkan Indonesia pun harus segera mengikuti perdagangan bebas. Meskipun masih ada pro dan kontra, namun ada pihak yang berpendapat bahwa negara kita harus menerapkan sistem perdagangan bebas untuk kemjua negaranya.

 

Sama halnya seperti dengan kebijakan ekonomi yang lain, bahwa perdagangan bebas memiliki beberapa keuntungan dan kerugian. Perdagangan bebas memberikan banyak kemudahan bagi para pelaku usaha dalam sewa gudang untuk produksi ataupun dalam menjual produknya keluar negeri agar tidak terdapat suatu hambatan.

 

Keuntunga Pasar Bebas Bagi Pelaku Usaha

 

  • Memenuhi Kepentingan Suatu Negara

Keuntungan pertama dari pasar bebas yaitu untuk memenuhi kebutuhan suatu negara tertentu. Dengan perdagangan bebas, kemungkinan terpenuhinya suatu kebutuhan dari produk yang dijual oleh pelaku usaha dari negara lain. Karena bisa saja produk tersebut selama ini tidak tersedia di negaranya.

 

Namun dari produsen negara lain memproduksi dan menjualnya. Tanpa adanya perdagangan bebas pun, suatu negara dapat membelinya namun dengan harga jual yang lebih tinggi. Dengan diterapkan adanya perdagangan bebas, maka suatu negara bisa mendapatkan suatu produk dari negara lain dengan harga yang lebih terjangkau.

 

  • Menyediakan Lapangan Kerja

Dengan diterapkannya pasar bebas, maka dapat memperluas lapangan kerja. Karena perdagangan bebas ini tidak hanya terpaku pada jasa atau barang saja namun juga termasuk modal dan juga tenaga kerja.

 

Contohnya saja, jika sebuah perusahaan ingin mendirikan cabang perusahaan di negara lain, maka perusahaan dapat menyerap tenaga kerja dari negara tersebut, hal itu sangat berpengaruh untuk mengurangi jumlah pengangguran.

 

 

  • Meningkatkan Kualitas Produk

Perdagangan bebas juga dapat meningkatkan kualitas produk yang di produksi. Sehingga pelaku usaha selalu memperhatikan dan lebih selektif dalam meningkatkan kualitas produknya karena terdapat persaingan usaha yang lebih luas yaitu pasar internasional.

 

Agar dapat bersaing dengan sportif, maka para pelaku usaha harus memiliki terobosan yang lebih kreatif dan inovatif, serta selalu meningkatkan kualitas produk. Dengan begitu, maka produk yang dihasilkan lebih berkualitas dan siap untuk bersaing di pasar global.

 

Hal positif yang perlu kita garis bawahi yaitu, bahwa persaingan tidak selalu buruk dengan produk yang diciptakan dalam negeri. Karena dengan adanya persaingan, maka mau tidak mau seluruh produsen harus meningkatkan kualitas produknya agar dapat bersaing.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: