Press "Enter" to skip to content

Kenali Apa Itu E Commerce

apa itu e commerce

Kenali Apa Itu E Commerce Dan Beragam Penjelasan Mendasar Miliknya

Apa itu E Commerce? Bentuk pertanyaan yang satu ini banyak sekali dinyatakan oleh mereka yang baru saja mengenal dunia maya atau jaringan online. Sedangkan bagi mereka yang terbiasa melakukan aktivitas dan berseluncur di dunia maya jelas sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Apalagi bagi Anda yang menekuni bisnis online. Seperti halnya jual beli online, marketing online, dan juga beragam bentuk jenis bisnis dengan sistem online lainnya. Namun bagi Anda yang belum mengetahui apa yang disebut dengan E Commerce tersebut. Ada baiknya apabila Anda simak penjelasan di bagian bawah ini :

Pengertian E Commerce

E Commerce dikenal sebagai sistem perdagangan yang merupakan sistem elektronik. dalam bentuk perdagangan yang satu ini umumnya berkaitan dengan beragam kegiatan dimulai dari pembelian, penjualan, atau bahkan pemasangan untuk beragam jenis barang serta jasa. Dengan kata lain E Commerce ini adalah bentuk aktivitas yang melibatkan setiap proses transaksi dengan menggunakan sistem transaksi elektronik seperti halnya pada transfer dana elektronik. Kemudian pertukaran data melalui jaringan elektronik, serta sistem pengolahan data yang juga dilakukan dengan menggunakan komputer dan lainnya.

Selain itu, E Commerce sendiri hadir dengan beragam jenis yang berbeda dan banyak digunakan orang melalui jaringan internet, diantaranya :

1.  E Commerce business to business / B2B

Jenis E Commerce yang satu ini umumnya dilakukan oleh pebisnis yang saling memiliki kepentingan dengan bisnis yang ada di dalamnya. Dengan kata lain, kedua belah pihak telah saling mengenal antara satu dengan lainnya. Tidak heran jika proses bisnis yang satu ini pun telah diketahui oleh satu dengan lainnya. Jenis bisnis ini umumnya dilakukan dengan cara berkelanjutan atau saling menjadi langganan. Hal ini berkaitan dengan keuntungan yang dirasakan oleh kedua belah pihak tersebut.

2.  E Commerce business to consumer / B2C

Untuk jenis bisnis E Commerce yang satu ini umumnya dilakukan diantara pelaku bisnis dengan konsumen. Seperti halnya produsen yang kemudian menjual serta memasarkan produk menuju konsumen tanpa adanya feed back dari pihak konsumen pada produsen. Dengan kata lain produsen yang menjual serta memasarkan produk baik itu barang atau jasa saja pada konsumen yang benar-benar hanya berperan sebagai pengguna dan pembeli produk saja.

3.  E Commerce consumen to consumen/ C2C

Apa itu E Commerce consument to consument? Jenis E commerce yang dilakukan antara pihak konsumen dengan konsumen saja. Dengan kata lain, pelanggan yang berasal dari sebuah produsen tertentu akan menjual kembali produk yang dimiliki pada konsumen lainnya.

4.  E Commerce consumen to business / C2B

Untuk jenis E Commerce yang satu ini umumnya dilakukan oleh konsumen yang kemudian ditujukan pada produsen lain yang akan menjual produk serta jasa yang dimilikinya. Dengan kata lain konsumen akan memberitahukan detail dari informasi produk. Atau bahkan jasa yang diinginkannya melalui sistem jaringan online pada pihak produsen. Yang kemudian produsen yang mengetahui akan permintaan tersebut pun akan melakukan penawaran dari produk serta jasa yang diinginkan oleh pihak konsumen itu tadi.

Selain dikenal dengan beberapa jenis yang berbeda, E Commerce juga hadir dengan beberapa bentuk manfaat yang dimilikinya, seperti halnya manfaat berikut ini :

  • Lebih memudahkan pihak konsumen serta produsen untuk melakukan komunikasi
  • Membantu meluaskan jangkauan dari calon konsumen, sehingga target pasar yang dimiliki oleh bisnis online dengan sistem ini pun tidak terbatas
  • Membantu memudahkan pemasaran serta promosi dari penjualan barang atau bahkan layanan jasa
  • E Commerce juga dikenal sebagai sistem yang lebih memudahkan untuk urusan perdagangan
  • Pembayaran yang dapat dilakukan dengan mudah karena menggunakan jaringan online
  • Sistem penyebaran informasi yang dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Dari penjelasan di bagian atas tadi tentunya Anda pun dapat melihat bahwa penggunaan E Commerce dalam sistem bisnis online dapat memberikan banyak keuntungan. Karena selain memberikan Anda peluang untuk membuka usaha atau bisnis dengan modal yang jauh lebih kecil sistem yang satu ini juga dapat membuka jangkauan usaha yang lebih luas dan tidak terbatas. Maka tidak perlu heran jika calon konsumen yang Anda dapatkan pun berasal dari negara yang berbeda,

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai apa itu E Commerce dan beragam penjelasan dasar lainnya yang dapat penulis jelaskan kali ini.

Baca juga: Tingkatkan Sales Bisnis dengan Membuat Email List

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: