Press "Enter" to skip to content

6 Inspirasi Desain Kaos Kekinian yang Digemari Berbagai Kalangan

desain kaos

Menjalankan bisnis kaos tidak akan lancar kalau Anda belum memegang desain kaos yang tepat. Kendati sekarang merancang desain kian dipermudah dengan aplikasi dan program editing, faktanya pemilihan desain yang kurang pas dengan brand dan target pasar berpotensi menghancurkan bisnis.

Maka dari itu, Anda perlu mempelajari dulu desain-desain kaos yang sedang diminati sekaligus mudah dikembangkan sebagai bagian dari inovasi. Bila Anda membutuhkan referensi, berikut daftar tema untuk desain kaos yang bisa diperhitungkan.

  1. Musik

Fashion dan musik adalah dua bidang yang sudah lama saling berkaitan, khususnya bagi muda-mudi. Selain itu, kaos menjadi item yang paling sering dijadikan merchandise oleh musikus untuk memperkuat ikatan emosi dengan penggemar. Namun kalau Anda ingin merancang kaos bertema musik, jangan jiplak desain yang sudah beredar. Buatlah desain sendiri dengan menampilkan not musik, kutipan lirik, atau ilustrasi pemain band maupun penyanyi.

  1. Sepak bola

Setelah musik, sepak bola adalah tema desain kaos populer lainnya yang bakal membawa keuntungan sangat banyak. Hal ini disebabkan fanbase tim sepak bola yang dikenal loyal sampai rela membeli jersey original untuk menunjukkan kesetiaannya. Walau pasarnya luas, kaus sepak bola harus Anda telaah lebih mendalam sebelum diproduksi. Mulai dari merancang kaos-kaos untuk tim sepak bola jagoan dari daerah atau provinsi tempat Anda tinggal agar tepat sasaran.

  1. Manga/anime

Dibandingkan komik dan kartun dari Barat, manga dan anime ternyata mempunyai basis penggemar lebih banyak di Indonesia. Salah dua di antaranya adalah One Piece dan Naruto yang dinilai membawa keuntungan dari produk apa pun, termasuk kaos. Jadi kalau target pasar Anda adalah penggemar manga dan anime, tak ada salahnya Anda jadikan kedua media tersebut sebagai inspirasi desain kaos. Imbangi dengan eksplorasi saat merancangnya supaya terlihat berbeda.

  1. Kutipan

Kutipan atau quote adalah inspirasi desain lainnya yang bisa Anda gunakan untuk bisnis kaos. Beberapa merek lokal ternama sudah berhasil mengoperasikan usaha mereka dengan memasarkan jenis kaos ini. Namun, untuk mengundang minat calon konsumen, Anda harus membuat sendiri kutipan tersebut. Riset juga ke pasaran untuk menghindari kesamaan dengan merek yang sudah beredar. Semakin nyeleneh kutipan atau kata-kata yang Anda buat, semakin cepat konsumen mengingatnya.

  1. K-Pop

Demam hallyu atau korean wave sepertinya belum mengalami penyusutan di Indonesia. Manfaatkan peluang ini sebagai ide desain kaos yang akan Anda buat. Seperti sepak bola, K-pop mempunyai basis penggemar luas dan loyal. Anda hanya perlu mencari entertainer yang sedang tren, baik aktor/aktris, girlband/boyband, maupun komedian. Kemudian, olah materi-materi yang Anda temukan dari riset tadi untuk diolah menjadi desain kaos.

  1. Komunitas/organisasi

Pernahkah Anda melihat komunitas atau organisasi yang mengenakan kaus seragam? Komunitas besar akan membantu Anda memperoleh keuntungan melimpah, apalagi kalau Anda berhasil mendesain kaus sesuai kebutuhan mereka. Anda yang baru mengawali bisnis kaus dapat menawarkan jasa ke organisasi-organisasi kampus. Dari sana, Anda bisa melebarkan sayap ke sejumlah komunitas yang berada di sekitar lingkungan kampus.

Setelah menemukan tema desain yang tepat, Anda lanjutkan persiapan dengan mencari bahan kaos dan komponen-komponen lain untuk menunjang produksi. Pelajari juga ilmu seputar desain agar penampilan di kaos yang Anda pasarkan tidak tampak murahan.

Demikian informasi seputar tema desain kaos yang bisa Anda pilih. Selamat berkreasi!

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: