Press "Enter" to skip to content

Ini 10 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

cara mendapatkan uang dari Youtube
Designed By freepik

10 Cara Dapat Uang dari Youtube

Bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube? Melalui internet kini Anda bisa mendapatkan pundi-pundi uang. Mulai dari menjadi penulis blog atau dengan membuat video Youtube. Anda tidak harus keluar modal besar, dengan 10 cara mudah ini Anda bisa panen uang sebagai Youtuber:

1.  Membuat Youtube Channel

Cara pertama Anda harus memiliki channel Youtube terlebih dulu. Bila belum memilikinya, maka Anda bisa membuatnya lebih dulu dengan cara sign in ke Youtube.

Untuk cara praktisnya Anda bisa memakai akun Google untuk masuk dan mendaftar tanpa harus mengisi formulir dari awal. Pilih nama channel yang menarik dan sesuai dengan konsep, karakter, atau tema channel Anda.

2.  Monetisasi Youtube Channel

Setelah memiliki channel sendiri, masuk dan pilihlah menu “Account Information” yang berada di sisi kanan atas. Lanjutkan dengan klik “Creator Studio”, menu “Channel”, lalu “Status and Features”. Di tahap akhir pilih menu “Enable Monetisation” dan cek pada kotak agreement yang tersedia.

3.  Sambungkan Youtube Channel ke AdSense

Setelah sukses mengaktifkan monetisasi, tahapan dalam cara mendapatkan uang dari Youtube selanjutnya lakukan associate dan approed AdSenses account ke akun Youtube Anda. Akan ada fitur Youtube Analytic yang bisa dimanfaatkan seperlu tracking penghasilan Anda. Anda bisa mendapat bayaran dari Youtube hanya bila melengkapi dan mengikuti Youtube paymen treshold.

4.  Optimalisasi Fungsi Monetisasi

Ada beberapa kriteria agar Youtube channel yang dimiliki bisa optimal, diantaranya:

· Video yang diunggah bersifat user friendly.

· Koten video karya orisinil supaya bisa dipromote.

· Video hasil plagiat tidak akan mendapat hasil apapun.

· Setelah fungsi monetisasi video diaktifkan, maka akan ada beberapa iklan yang muncul pada video tersebut.

· Video yang diunggah harus sesuai Term of Service dan Community Guidelines yang dibut Youtube.

5.  Lakukan Conversion Rate

Bila Anda memiliki tanggung jawab akan bisnis atau perusahaan tertentu, maka Anda bisa memanfaatkan saluran Youtube seperlu meningkatkan conversion rate. Anda bisa membuat konten yang memaparkan baik dan bermutunya produk yang ingin dipamerkan melalui soft promotion.

Bangun link pada product page di kolom deskripsi Youtube video tersebut. Cara ini seringkali dipilih para vlogger yang ingin menjual produk atau jasa lewat cara halus. Misalnya pada sebuah video ditayangkan pula produk yang digunakan bintang utama atau lainnya.

6.  Jual Video di Website Komersial

Cara tidak kalah efektif lainnya Anda bisa menjual video yang dibuat di website komersil. Yaitu dengan memberi saran agar para video maker mau menjual video buatan Anda. Dimana di saluran Youtube yang dimiliki Anda bisa mengunggah teaser yang menggiring penonton agar berkenan membayar bila ingin menonton video versi lengkapnya.

7.  Traffic Afiliasi Link

Salah satu cara ampuh lain mendapatkan uang secara online yaitu dengan affiliate marketing. Sayangnya tidak banyak pemasar affiliate yang menjelaskan secara rinci cara yang bisa dilakukan agar menghasilkan pendapatan besar.

Solusinya Anda bisa membuat Youtube channel keren dan memanfaatkannya sebagai katalis yang bisa mengarahkan ke affliate link tersebut. Hal ini memberi peluang besar seiring adanya kecenderungan netizen yang lebih senang melihat video dibanding membaca teks panjang.

8.  Menarik Sponsorship

Perhatikan sejulah saluran Youtuber terkenal. Sebagian besar ada unsur sponsorship dan advertisement pada konten video Youtube mereka. Kedua hal itulah yang bisa pula Anda gunakan sebagai cara mendapatkan uang dari Youtube.

9.  Live Speaking

Bila Anda memiliki banyak fanbase, maka Anda bisa membuat meeting ataupun greeting. Tak ada salahnya pula membuat jadwal rutin supaya komunitas yang Anda miliki terus berkembang.

Kegiatan ini tidak lain seperlu meningkatkan engagement Anda dengan para penonton dan subscribers. Kelak Anda pun bisa memanfaatkannya untuk promosi atau menjual produk seperlu mengenal siapa saja target market potensial.

10.  Pikiran Out of the Box

Berpikirlah kreatif agar video yang dibuat memiliki daya tarik dan membuat orang mau menonton dari awal hingga akhir. Lebih bagus lagi bila video tersebut viral, sehingga membuat orang mau membagikannya.

Berkaitan dengan hal ini ada beberapa tipe video yang paling potensial menghasilkan uang dari Youtube. Diantaranya tayangan voice over, tutorial, unboxing, ilustrasi, dan lainnya. Buat video kreatif Anda dan pastikan cara mendapatkan uang dari Youtube ini efektif.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: