Press "Enter" to skip to content

Eksis di Media Sosial Sekaligus Menghasilkan Uang? Bisa Loh, Ini Buktinya…

media sosial adalah
Designed By creativeart / Freepik

Yang mengaku anak jaman now pasti mengenal yang namanya media sosial. Media sosial seperti Instagram, Youtube, atau blog sekarang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Sepertinya ada sesuatu yang kurang kalau dalam sehari saja tidak membuka akun media sosial. Kalau dulu media sosial adalah digunakan untuk media penyambung komunikasi dengan kerabat atau teman yang jauh, sekarang pengaruh sosial media sudah bergeser menjadi sarana untuk eksistensi diri. Makanya tidak heran kalau pamor media sosial semakin tinggi dari hari ke hari.

Berdasarkan hasil survey sosial media terbaru, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna media sosial tertinggi di dunia. Itu sebabnya media sosial cocok sekali jika dijadikan sebagai media pemasaran dan media untuk menghasilkan uang. Begini caranya:

1.  Social media strategist

Suatu perusahaan saat hendak memasarkan produknya ke pasaran selalu membuat strategi pemasaran dengan bantuan pakar atau yang disebut sebagai marketing strategist. Strategi ini dibuat supaya promosi produk tepat mengenai sasaran dan produk terjual banyak. Mengingat jumlah pengguna aplikasi sosial media yang besar maka tidak heran kalau perusahaan-perusahaan besar juga ikut memasarkan produknya di media sosial, dan di sinilah peran social media strategist sangat dibutuhkan. Kalau kamu merasa memiliki ide pemasaran yang brilian, kamu bisa mencoba melamar pekerjaan ini. Lagipula pekerjaan ini juga terdengar keren di telinga. Jadi kamu tidak perlu malu lagi kalau datang ke reuni sekolah. “Pekerjaanmu sekarang apa?” “Social media strategist.”

2.  Selebgram

Selebgram itu julukan yang ditujukan untuk orang-orang yang memiliki follower banyak di media sosial Instagram. Pengaruh selebgram ini pada para followernya sangat luar biasa makanya para selebgram ini sering diajak kerja sama oleh para pebisnis untuk memasarkan produknya. Komisi yang didapat selebgram untuk sekali mengunggah foto produk bisa mencapai jutaan Rupiah. Bayangkan jika dalam sehari ia bisa mengunggah 2-3 foto, berapa penghasilan yang bisa didapat selebgram dalam sebulan? Tapi untuk menjadi seorang selebgram itu butuh komitmen dan kerja keras karena tiap hari kamu harus memikirkan ide bagaimana membuat feed yang menarik dan persuasif. Kamu juga perlu memiliki mental yang kuat karena pasti ada saja yang tidak menyukai kesuksesanmu sebagai seorang selebgram. Jika kamu merasa memiliki kriteria-kriteria itu, kenapa tidak dicoba saja menjadi selebgram?

3.  Blogger

Buat kamu yang hobi menulis santai tanpa dikejar deadline, menjadi blogger bisa menjadi pilihan untuk menghasilkan uang. Kamu bebas menulis apa yang kamu inginkan di blog kamu, tapi akan lebih baik jika kamu menulis apa yang menjadi passion kamu agar kamu tidak cepat bosan. Para blogger veteran biasanya memiliki satu tema atau niche tertentu yang menjadi fokus penulisan blog mereka. Misalnya tentang buku, film, kosmetik, fashion, dan masih banyak lagi lainnya. Kalau traffic pengunjung blog kamu banyak, akan ada permintaan dari berbagai pihak untuk memasang iklan di blog kamu. Semakin banyak iklan yang terpasang di blog kamu semakin besar penghasilan yang bisa kamu dapat. Untuk meningkatkan traffic blog sebaiknya kamu rutin menulis artikel yang menarik perhatian serta informatif. Kamu juga bisa berkenalan dengan blogger lain yang seniche untuk saling bertukar ilmu ngeblog.

Baca juga: Langkah Langkah Membuat Blog Sederhana Bagi Pemula

4.  Vlogger

Kalau blogger menggunakan tulisan maka vlogger menggunakan video. Media sosial utama yang digunakan para vlogger adalah Youtube. Penghasilan vlogger didapat dari jumlah orang yang menonton video mereka. Di Youtube jika video kamu ditonton oleh 100 ribu orang, maka kamu akan mendapatkan komisi sampai 100 dolar. Untuk menjadi vlogger terkenal, kamu harus rutin membuat konten video yang menarik viewer. Ini berarti kamu harus pintar dalam hal editing video.

Baca juga: Ini 10 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

5.  Content writer

Pekerjaan seorang content writer adalah menulis konten yang berkaitan dengan niche akun tempat konten tersebut akan diposting. Misalnya akun perusahaan komputer, maka content writer bisa menulis artikel mengenai teknologi terkini di dunia komputer atau tren-tren lain yang berkaitan dengan dunia komputer. Biasanya para pemilik akun mempekerjakan para content writer karena mereka tidak punya cukup waktu untuk membuat konten sendiri.

6.  Desainer grafis

Sebagus apapun sebuah tulisan di media sosial jika tidak ada gambarnya maka tetap saja tidak akan bisa menarik perhatian orang. Makanya selalu ada pekerjaan sebagai seorang desainer grafis di media sosial. Untuk menjadi desainer grafis kamu harus memiliki kemampuan menggambar di komputer yang mumpuni serta kemampuan untuk menginterpretasi suatu tulisan ke dalam bentuk gambar, bisa gambar 2D atau 3D.

7.  Social media traveler

Pekerjaan ini cocok buat orang yang suka jalan-jalan. Sebagai social media traveler kamu wajib mendokumentasikan semua perjalanan kamu dan mengolahnya menjadi foto atau video yang mengundang penasaran orang-orang yang melihatnya sehingga mereka pengin pergi juga ke tempat yang kamu datangi itu. Penghasilan dari social media traveler biasanya didapat dari kerja sama dengan pihak penyedia jasa wisata misalnya hotel, agen travel, maskapai penerbangan, restoran, untuk memberikan review menarik mengenai jasa mereka tersebut.

Baca juga: Jadi Traveler Blogger Tanpa Biaya Tinggi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: