Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Website Pribadi Gratis

Ingin Memiliki Website Pribadi dengan Mudah? Ikuti Cara Membuat Website Pribadi Gratis Berikut

Website tak hanya bisa dimiliki oleh orang berduit saja, Anda juga bisa memiliki website dengan harga murah bahkan gratis kalau menggunakan cara membuat website pribadi gratis di bawah ini.

Cara Membuat Website Pribadi Gratis
rawpixel.com

Cara Membuat Website yang Murah bahkan Gratis

Kini Anda bisa memiliki website gratis dengan mudah tanpa perlu jasa developer yakni dengan menggunakan teknologi CMS (Content Management System). CMS merupakan suatu perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk mengubah, menambah atau memanipulasi konten dari website. Dengan menggunakan CMS, Anda tak perlu kerepotan untuk memikirkan bagaimana kode program suatu website. Anda cukup mempersiapkan konsep website seperti apa yang hendak dibuat dan melakukan langkah-langkah berikut :

Menentukan Konsep Website yang Hendak Dibuat

Untuk memiliki website pribadi, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan konsep website tersebut. Apakah ingin membuat website pribadi yang berisi kumpulan pengalaman pribadi? Apakah ingin membuat website pribadi untuk toko online? Apakah ingin membuat website yang berisi portfolio? Atau hanya ingin membuat landing page saja? Dengan menentukan konsep website yang hendak dibuat, nantinya akan lebih mudah dalam memilih warna website, menu-menu yang akan ditampilkan, desain website keseluruhan dan konten apa saja yang hendak Anda masukkan.

Memilih CMS yang Tepat

Cara membuat website pribadi gratis selanjutnya adalah memilih CMS. Ada beragam CMS yang bisa dipilih sesuai dengan website Anda. Anda bisa menengok bermacam-macam CMS ini dengan masuk ke cPanel Hosting kemudian lihat di bagian Softaculous Apps Installer. Dari situ Anda bisa melihat banyak sekali CMS yang cocok untuk kebutuhan toko online, blog, website elearning atau ecommerce. Contoh CMS yang paling sering dipakai untuk website pribadi antara lain WordPress dan Prestashop.

  • WordPress

WordPress merupakan salah satu CMS gratis yang paling banyak dipilih sebagai basis website pribadi karena kemudahan kustomisasinya. Anda bisa mengkustomisasi tema website sesuai keinginan tanpa perlu memahami bahasa pemrograman website. WordPress juga dikenal cukup aman karena memiliki tingkat security yang cukup baik. Kelebihan lainnya dari WordPress adalah responsive untuk tampilan mobile, cocok untuk pemula, SEO friendly, memiliki halaman admin, dan memiliki performa tinggi.

Untuk membuat website pribadi menggunakan WordPress, caranya cukup mudah :

  1. Instalasi manual

Kalau memiliki pengetahuan dasar mengenai bahasa pemrograman maupun hosting, Anda bisa mengunduh file zip WordPress kemudian langsung dihosting atau melakukan kustomisasi di localhost terlebih dahulu. Anda pun bisa bebas mengganti tema, memasang plugin dan mengedit konten melalui localhost. Setelah itu, baru diupload ke hosting menggunakan FileZilla atau File Manager.

  1. Softaculous Apps Installer

Selain instalasi manual, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Softaculous Apps Installer untuk membuat website gratis dengan WordPress. Aplikasi ini merupakan auto installer yang ada di hosting. Dengan adanya Softaculous Apps Installer, Anda bisa menginstal CMS apapun dengan mudah. Cukup masuk ke cPanel Hosting kemudian instal CMS WordPress menggunakan Softaculous Apps Installer.

  • Prestashop

Anda juga bisa membuat website menggunakan Prestashop, terutama jika membuat website khusus untuk toko online. Prestashop memungkinkan penggunanya untuk bisa membuat toko online lengkap dengan fitur keranjang belanja, tambah pesanan, katalog produk, fitur pengiriman hingga cara pembayaran. Prestashop juga memiliki kelebihan lain seperti menggunakan Bahasa Indonesia, memiliki banyak tema dan module, bisa dikustomisasi dan memiliki tampilan layaknya toko online profesional.

Cara membuat website pribadi gratis bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika menginginkan website pribadi atau website perusahaan, Anda bisa menggunakan CMS WordPress. Bila ingin membuat website untuk kebutuhan toko online, Anda bisa menggunakan CMS Prestashop. Keduanya bisa dipakai untuk membuat website gratis tanpa perlu belajar bahasa pemrograman terlebih dahulu.

Baca juga Cara Membuat Website Bisnis Online

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: