Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Website Bisnis Online

Cara Membuat Website Bisnis Online Bagi Pebisnis Yang Sudah Siap Dijangkau Lebih Luas

cara membuat website bisnis online

Designed By freepik

Anda mempunyai bisnis online dan ingin memperluas bisnis dengan membuat sebuah website? Ada cara membuat website bisnis online dengan cukup mudah. Yang Anda butuhkan adalah ketekunan dan ketelitian dalam membuat website agar semua fitur bisa berguna dan berjalan dengan baik saat melakukan launching. Mau tahu apa saja yang harus Anda persiapkan sebelum membuat sebuah website bisnis online?

Berikut ini cara-cara agar Anda bisa membuat website untuk bisnis online yang mudah diakses oleh siapa saja dan kapan saja.

Persiapkan Domain Dan Hosting

Kedua unsur ini sangat penting dalam pembuatan sebuah website. Jika tidak domain dan hosting maka, tidak akan ada website yang terwujud. Bagaimana cara membuat domain? Domain bisa Anda dapatkan dari situs-situs yang telah menyediakan domain website. Anda bisa membelinya dengan harga yang sudah ditentukan setiap bulannya atau bisa menggunakan domain tidak berbayar. Namun, jika digunakan untuk website bisnis online ada baiknya menggunakan domain berbayar.

Contoh domain atau alamat sebuah website seperti rumah.com atau website.co.id. Sesuaikan dengan kebutuhan bisnis online Anda dan gunakan nama domain yang menarik atau nama toko bisnis online Anda. Pastikan juga alamat domain yang ingin Anda gunakan tidak sama dengan milik orang lain atau menyerupai agar pelanggan tetap toko online Anda tidak bingung untuk mengaksesnya.

Setelah sudah mendapatkan alamat domain yang cocok untuk bisnis online Anda, cara selanjutnya adalah dengan menyewa hosting. Hosting ini berfungsi sebagai sarana untuk menyimpan semua data yang akan luncurkan dalam sebuah website. Data tersebut seperti gambar, video, teks, gif, audio, dan penunjang lainnya. Kapasitas hosting bisa ditentukan sesuai kebutuhan penyewa. Untuk memudahkan, Anda bisa menggunakan satu tempat yang menyediakan domain beserta hosting.

Persiapkan Software Dan Coding

Membuat sebuah website pastinya membutuhkan software yang mendukung. Untuk bisa menghasilkan sebuah website yang siap digunakan dengan fungsi sebagai bisnis online membutuhkan sebuah kemampuan yang handal. Itu sebabnya cara membuat website bisnis online harus cukup teliti dan tekun dalam pengerjaan website tersebut. Biasanya beberapa pebisnis online yang tidak mengerti pembuatan website bisa menggunakan jasa pembuat website.

Namun, jika Anda mampu melakukan coding dan memiliki software pendukung, pastinya membuat sebuah website tidak terlalu sulit untuk diwujudkan.

Persiapkan Tim IT Yang Handal

Membuat website untuk sebuah bisnis online, terutama bisnis yang sudah cukup besar, tidak hanya sampai di tahap pembuatan saja. Anda harus selalu memantau keadaan dan mengecek website setiap saat agar tidak mengalami down. Jika hal tersebut terjadi, pemesanan barang yang dilakukan oleh pembeli akan mengalami hilang data. Pastinya performa toko online bisa menurun juga karena telah terjadi permasalahan pada wadah pemesanan barang.

Oleh karena itu, setelah website Anda sudah siap diluncurkan, perlu adanya tim IT yang handal dan siap untuk selalu memantau pergerakan website bisnis online tersebut. Terutama saat website Anda mulai banyak dikunjungi, down pada server bisa sering terjadi. Risiko sebuah bisnis online dalam menggunakan website seringkali muncul ketika website mengalami kesibukan. Oleh karena itu, tim IT yang akan membantu website Anda tetap berjalan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam pembuatan sebuah website. Persiapkan juga katalog dan konten yang menarik untuk memudahkan pengunjung. Cara membuat website bisnis online ini paling banyak digunakan.

Baca juga: 3 Langkah Cara Buat Website Online Shop

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: