Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Web Menggunakan Html

Cara Membuat Web Menggunakan HTML yang Mudah dan Kendala Terbesarnya

Tidak semua orang bisa membuat website menggunakan script program HTML. Hal ini karena dalam penerapannya, cara membuat web menggunakan HTML ini terdapat beberapa kendala.

cara membuat web menggunakan html
by rawpixel.com

Kendala Membuat Website

Proses pembuatan website sering menghadapi beberapa kendala. Hal ini cukup wajar mengingat pembuatan website membutuhkan logika, kreativitas, ketelitian dan kekuatan ide yang cukup besar. Belum lagi seorang programmer website harus memikirkan mengenai keamanan website yang rentan pembobolan. Beberapa kendala berikut ini merupakan contoh permasalahan yang sering dihadapi ketika membuat website.

  • Aksesibilitas

Website yang dibuat harus bisa diakses dengan mudah oleh pengunjung. Pengunjung dalam hal ini meliputi semua range mulai dari orang tua, wanita, pria bahkan penyandang disabilitas. Hal ini tentu bukanlah hal mudah bagi desainer website karena mereka harus memikirkan bagaimana desain website yang baik dan bisa diakses menggunakan komputer maupun smartphone.

  • Responsif

Selain aksesibilitas, website juga harus responsif. Jangan sampai website terasa berat dan lambat ketika dibuka menggunakan perangkat komputer, ponsel maupun tablet dengan ukuran layar yang berbeda-beda. Website juga harus bisa dibuka dengan lancar menggunakan berbagai jenis browser yang memiliki spesifikasi sistem berbeda dan membuat tampilan website di tiap browser berbeda-beda pula.

  • Kecepatan

Kecepatan loading website sangat berpengaruh pada minat pengunjung. Pengunjung mayoritas merasa enggan membuka website yang loadingnya lama. Kecepatan loading website yang lambat ini disinyalir disebabkan oleh halaman website yang dipenuhi iklan atau dipenuhi gambar beresolusi besar. Jadi, desainer website harus memikirkan cara agar permintaan data ke server tidak terlalu banyak dan tidak berat saat loading.

  • Keamanan

Keamanan menjadi persoalan penting bagi pembuat website. Banyaknya serangan malware, h4cker dan delusi membuat desainer website harus pandai-pandai mendesain elemen website agar tidak mudah dibobol orang. Umumnya pembobolan website ini bermula dari penempatan form login admin di halaman depan website yang seharusnya terletak di tempat tersembunyi.

  • Integrasi

Permasalahan lainnya yang sering dialami oleh pembuat website adalah kesulitan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pihak ketiga ini bisa berupa sosial media, peta dari Google Maps dan lainnya.

Membuat Website Sendiri

Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, sangat disarankan untuk membuat website menggunakan jasa developer website. Hal ini penting apabila website yang dibuat merupakan website bisnis seperti toko online. Tapi, bila website yang dibuat adalah website pribadi, Anda bisa membuat sendiri website dengan menerapkan cara membuat web menggunakan HTML berikut ini.

  • Menyiapkan Tool

Langkah pertama cara membuat website menggunakan HTML adalah menyiapkan tool seperti Notepad++ sebagai tempat menulis script program dan Google Chrome sebagai browser. Tools ini mudah didapat karena bisa diunduh secara gratis.

  • Membuat Sketsa

Kemudian buatlah sketsa mengenai halaman website yang hendak dibuat. Sketsa halaman web memudahkan Anda untuk menyiapkan script HTML dan CSS yang dibutuhkan untuk membangun website. Anda bisa menggunakan kertas terlebih dahulu baru kemudian dituangkan ke Photoshop untuk membuat sketsa ini.

  • Membuat website menggunakan HTML5

Teknologi HTML5 memudahkan Anda untuk membagi bagian halaman web sesuai dengan jenis konten di dalamnya. Setiap elemen sudah disiapkan mulai dari bagian judul, isi hingga elemen untuk memasukkan gambar bisa dipahami dengan mudah. Anda bisa menambahkan CSS untuk mengelola dan menata tampilan dari halaman website yang dibuat menggunakan HTML5 tersebut.

  • Membuat script struktur umum HTML

Pembuatan script struktur umum HTML memudahkan Anda ketika memulai membuat website. Umumnya script HTML website terdiri dari bagian <html></html> sebagai pembuka, <head></head> untuk menempatkan judul dan <body></body> untuk menempatkan konten website.

Cara membuat web menggunakan HTML memang cukup rumit. Untuk itu, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu mengenai pengenalan HTML dasar ketika hendak membuat website sendiri. Bila tak punya waktu, menggunakan tools website gratis dan jasa developer adalah solusi ideal pembuatan website Anda.

Baca juga Cara Meningkatkan Website di Google

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: