Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis

Bingung Ingin Memiliki Blog? Begini Cara Membuat Blog Pribadi Gratis Untuk Pemula

Membuat blog ternyata bisa cukup menyulitkan terutama bagi pemula. Jika ingin memiliki blog pribadi namun belum tahu caranya, Anda bisa mengikuti cara membuat blog pribadi gratis untuk pemula berikut ini.

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis

Menentukan Tujuan Membuat Blog

Seperti halnya membuat website pribadi, membuat blog pribadi juga harus jelas apa tujuannya. Meskipun Anda bebas menulis apapun di dalam blog pribadi, namun ,memiliki konten yang spesifik membuat blog Anda berpotensi menjaring lebih banyak pengunjung. Jika memungkinkan buatlah blog dengan konten yang sesuai dengan minat sehingga Anda selalu bersemangat untuk membuat konten setiap hari.

Setidaknya ada 2 juta konten blog yang diterbitkan setiap harinya. Namun, tidak sampai 50% dari jumlah total tersebut yang mampu mencapai jumlah pengunjung hingga 10.000 orang tiap bulannya. Hal ini bisa terjadi karena topik blog kurang spesifik, topik tidak menarik atau tidak bermanfaat bagi pengunjung atau topik dibuat asal-asalan. Untuk itu, Anda harus menyukai konten blog yang hendak dibuat dan hindari topik-topik yang bisa memicu permasalahan hukum (hak cipta).

Kelola dengan Baik

Agar blog bisa tetap eksis, Anda harus bisa mengelola blog dengan baik. Menjaring pengunjung membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu Anda harus bisa mengisi konten blog secara teratur agar tak hanya muncul di pencarian jangka pendek. Bila perlu gunakan pengaturan posting konten blog yang terjadwal sehingga blog tetap terisi walaupun Anda tak menulis konten setiap hari.

Untuk menjauhkan masalah dalam jangka panjang, sebaiknya hindari copy paste dari blog lain. Meski bisa membuat konten blog dengan bebas, bukan berarti boleh copy paste. Buatlah konten yang unik dan sesuai SEO bila ingin memiliki pengunjung setia dan blog muncul di pencarian Google halaman depan. Jangan lupa untuk menjalin persahabatan dengan sesama blogger agar bisa saling bertukar ilmu.

Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogger

Cara membuat blog pribadi gratis selanjutnya adalah membuat blog menggunakan Blogger. Untuk bisa membuat blog menggunakan Blogger, Anda harus memiliki email Gmail. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut ini untuk membuat blog pribadi.

  1. Buka halaman blogger.com kemudian Anda akan dibawa masuk ke menu baru untuk login ke Blogger. Login menggunakan email dan password yang sudah Anda buat sebelumnya.
  2. Di halaman selanjutnya akan muncul tombol yang bertuliskan “Blog Baru”. Tekan tombol tersebut untuk memulai membuat blog.
  3. Di halaman baru, isi judul blog. Untuk memudahkan mengingat judul blog, Anda bisa memilih judul yang sesuai dengan tema blog yang hendak dibuat dan jangan terlalu panjang.
  4. Kemudian buat alamat blog yang juga mudah diingat dan tidak melebihi 15 karakter. Jika memiliki target atau tujuan blog yang lebih spesifik, Anda bisa menggunakan alamat blog yang berisi kata kunci sesuai target blog.
  5. Cara membuat blog pribadi gratis selanjutnya adalah memilih template blog. Di bagian bawah halaman pengaturan blog, Anda bisa melihat ada banyak template yang tersedia. Pilihlah satu template yang sesuai dengan tujuan blog kemudian langsung klik “Buat Blog”. Tak selang berapa lama blog Anda pun sudah jadi dan saatnya mengisi konten blog.

Dengan menerapkan cara membuat blog pribadi gratis melalui Blogger di atas, Anda bisa mendapatkan blog yang mudah dikustomisasi. Blog dari Blogger ini bisa dipakai sebagai blog yang berisi portfolio atau hanya untuk menulis topik tertentu. Untuk bisa lebih mudah ditemukan di mesin pencari, Anda harus mendaftarkan blog tersebut ke mesin pencari Google.

Baca juga Tips Jitu Optimasi Trafik Website dengan SEO

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: