Press "Enter" to skip to content

Buat Website Gratis Dari Google

Bukan Bohongan, Anda Kini Bisa Buat Website Gratis Dari Google

Tahukah Anda kini sudah tersedia platform untuk buat website gratis dari Google? Platform tersebut adalah Google Bisnisku. Dengan Google Bisnisku, Anda bisa memiliki website untuk bisnis UKM dengan mudah.

buat website gratis dari google
by creativeart

Membuat Website Bisnis Menggunakan Google Bisnisku

Google Bisnisku atau Google My Business merupakan produk Google yang dibuat khusus untuk memudahkan para pengusaha bisnis berskala kecil untuk memiliki website bisnis demi memasarkan produk mereka. Tools ini juga membantu bisnis Anda memperoleh listingan gratis dari Google sehingga bisa tergabung dengan bisnis lain di bidang yang sama. Karena terlisting oleh Google, website Anda bisa langsung terupdate apabila terdapat perubahan pada detail listing Google Bisnisku.

Cara Membuat Website Melalui Google Bisnisku

Untuk bisa buat website gratis dari Google, Anda harus memiliki akun Google Bisnisku terlebih dahulu. Bila sudah memiliki akun Google Bisnisku, Anda bisa langsung terjun membuat websitenya dengan melakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Sign In ke akun Google My Business Anda, kemudian masuk ke area dashboard atau mengikuti link “Start Now” di halaman Google Bisnisku.
  2. Kemudian pilih menu Website yang terletak di sidebar kanan halaman akun Google Bisnis Anda.
  3. Halaman yang berisi perkenalan mengenai Website di Google Bisnisku akan tampil. Untuk mulai membuat website, klik saja “Get Started”.
  4. Google akan langsung memulai membuat website Anda dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Setelah proses pembuatan selesai, Anda akan melihat tampilan halaman welcome untuk website Anda. Klik icon centang untuk memulai proses sinkronisasi data antara website dengan informasi yang tersimpan di platform Google Bisnisku.
  6. Langkah selanjutnya adalah mengkustomisasi desain website Anda. Awalnya Anda akan diminta untuk memilih theme atau template untuk website. Pilihlah yang sesuai dengan tema website Anda dengan mengklik “Pick A Theme”.
  7. Kemudian pilih juga elemen desain lainnya seperti warna dan jenis font yang hendak digunakan sebagai konten.
  8. Sealnjutnya Anda akan diminta untuk mengunggah foto bisnis Anda. Bila memiliki foto-foto yang sudah diupload di Google Bisnisku sebelumnya, Google akan menyertakan foto tersebut di dalamnya. Pilihlah foto-foto yang jelas dan menarik agar orang juga tertarik pada bisnis Anda.
  9. Bila website Anda sudah siap, tekan tombol “Publish” untuk mempublish langsung website Anda. Namun, Anda juga bisa mengkonfigurasi Site Address (alamat website) dan Site Language (bahasa website) sebelum dipublish.
  10. Terbitkan website Anda dengan menekan tombol “Publish Now” untuk menentukan nama domain website gratis yang Anda buat tersebut. Gunakan nama domain yang mudah diingat, unik dan mencerminkan bisnis Anda agar banyak pengunjung yang tertarik.
  11. Setelah nama domain dikonfirmasi, Anda akan menerima notifikasi yang berisi link untuk melihat tampilan website Anda yang baru.

Mengoptimalkan Website Pribadi

Sekarang Anda bisa mengoptimalkan website yang sudah jadi. Mulailah dengan menggunakan desain theme yang sesuai dengan bisnis Anda. Gunakan tampilan website yang mudah dilihat baik menggunakan komputer maupun melalui smartphone. Jangan lupa untuk mengupload foto yang berkualitas tinggi pada setiap konten yang diunggah. Tambahkan pula cover foto untuk memperjelas image brand bisnis Anda.

Bila perlu tambahkan beberapa button yang memudahkan pengunjung untuk berinteraksi dengan sesama pengunjung atau dengan pengelola website. Google Bisnisku menyediakan beberapa tombol seperti Get Directions, Call Now, Find Table, Get Quote, Place Order, Make Appointment dan Message Us (WhsatsApp) yang bisa dipasang sesuai dengan jenis bisnis Anda. Dengan cara buat  website gratis dari Google tersebut, Anda tak perlu lagi susah-susah menyewa developer website.

Baca juga : Tips Jitu Optimasi Trafik Website dengan SEO

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: