Hosting Unlimited Indonesia

BAHASA MARKETING yang SANGAT AMPUH untuk PEMASARAN

Untuk memulai usaha melalui dunia maya ini, pertama-pertamanya kita memang harus mempunyai media yang berhubungan dengan internet. Yaitu Personal Computer, laptop, notebook, gadget atau smartphone.Setelah itu semua kita miliki, bayangan kita adalah kita bisa langsung memulai usaha kita dengan gampang. Tetapi ternyata ada hal yang harus kita pikirkan lebih lanjut. Kita harus mengerahkan segala daya upaya supaya para pelanggan tertarik dengan produk yang kita tawarkan.

Apabila kita melakukan usaha seperti pada umumnya, seperti  kalau kita membuka usaha menjual pakaian jadi di suatu tempat, kita akan dapat berinteraksi langsung dengan para pelanggan kita. Kita dapat bertatapan muka dan berbicara langsung dengan mereka. Namun tidak demikian halnya dengan bisnis lewat internet atau dunia maya ini. Kita hanya dapat menarik perhatian dan minat para konsumen kita dengan kata-kata, gambar-gambar, suara maupun lewat video.

bahasa marketing bisnis online

Kita harus pintar-pintar untuk memilih kata-kata yang tepat untuk membuat para pelanggan kita tertarik dengan apa yang kita pasarkan. Pemilihan bahasa pemasaran yang efektif yang dipakai di saat yang tepat pula.

Ada beragam bahasa pemasaran yang dapat kita pelajari untuk menarik perhatian calon konsumen. Bahasa-bahasa marketing tersebut akan kita ulas berikut ini. Pertama-tama yang harus kita perhatikan adalah pada penggunaan kata-kata “anda” atau kata “kamu”.

Kata “anda” dan “kamu” sama-sama dapat dipakai untuk memulai suatu hubungan dengan calon konsumen kita. Biasanya kata “anda” digunakan apabila kita berhubungan dengan calon konsumen dari kalangan orang tua atau, karena kesannya formal, menghargai.

Sedangkan untuk kata “kamu” sering sekali kita gunakan untuk berhubungan dengan calon pelanggan kita yang usianya masih sangat muda. Karena kata “kamu” mengesankan sportif, akrab dan bersahaja.

Tergantung dari kita ingin memilih kata “anda” atau “kamu”. Intinya di sini adalah kedua kata tersebut kalau kita gunakan dengan tepat di saat yang tepat pula akan memudahkan kita untuk menjalin hubungan usaha yang baik dengan para pelanggan kita.

Bahasa pemasaran kedua yang harus kita perhatikan adalah dalam hal pemakaian kata “gratis”. Pada umumnya kita pasti akan senang jika mendapatkan segala sesuatunya dengan gratis. Yang dimaksud dengan gratis di sini ada hubungannya dengan suatu produk yang dapat kita miliki tanpa kita harus membayarnya.

Selain itu kata gratis biasanya juga berhubungan dengan produk yang sudah mengalami potongan harga dalam jumlah yang sangat besar. Atau produk tersebut dijual dengan harga yang sangat murah.

Kata “gratis” ini memang memiliki daya kekuatan yang sangat besar untuk menarik minat dan perhatian para calon pelanggan. Oleh karena itulah banyak sekali dari kita yang berbisnis lewat internet memakai strategi ini.

Pemakaian kata “new” yang tepat adalah bahasa marketing keempat yang harus kita perhatikan. Banyak sekali orang yang sangat tertarik dengan kata-kata “new” ini. Pada umumnya mereka menganggap bahwa kalau mendengar kata “new” maka semuanya serba “new”, serba baru.

Apakah di rancangannya atau di teknologinya. Untuk itulah kita harus sangat berhati-hati dalam menggunakan kata “new” ini. Jangan sampai hal tersebut malah akan membuat kita menipu calon pelanggan kita, membuat pelanggan kecewa dengan kita.

Pemakaian kata “aman” merupakan bahasa pemasaran selanjutnya. Penggunaan kata “aman” sangat penting untuk menarik minat konsumen membeli produk kita. Produk-produk yang harus dilabeli dengan kata-kata “aman” tersebut seperti seperti makanan, minuman atau obat-obatan.

Konsumen akan setia dengan produk kita apabila kita dapat memberikan kata “aman” tersebut. Untuk itulah kita perlu meminta ijin kepada pihak yang berwenang untuk urusan tersebut.

Kata-kata terakhir atau kelima dalam bahasa pemasaran adalah kata-kata “garansi”. Pemilihan kata “garansi” yang tepat akan membuat konsumen merasa yakin dengan produk dan pelayanan yang kita tawarkan.

Kita harus menjelaskan dengan gamblang kepada para pelanggan kita maksud dari “garansi” yang kita berikan tersebut. Jangan sampai nantinya menimbulkan kesalahpahaman. Kata “garansi” ini juga bisa menjadi image yang baik untuk kelangsungan hubungan bisnis kita.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: