Press "Enter" to skip to content

Apa Yang Dimaksud Situs Web

Selalu Bertanya-Tanya Apa Yang Dimaksud Situs Web? Simak Penjelasan Lebih Dalam Mengenai Situs Web

Apa yang dimaksud situs web? Banyak dari sebagian orang yang belum memahami betul apa itu situs web. Mungkin hanya sekadar tahu dasar dari penggunaannya. Tidak ada salahnya untuk kenal dekat.

apa yang dimaksud situs web
rawpixel.com

Pengenalan Situs Web

Situs web atau website adalah sebuah halaman yang saling berhubungan dan menampilkan kumpulan informasi secara perorangan, kelompok, maupun organisasi. Agar sebuah situs web bisa diakses oleh semua orang, setidaknya harus ada wadah untuk menampung situs web tersebut. Adanya sebuah server web menjadikan situs web bisa diakses melalui jaringan internet ataupun LAN. Hingga akhirnya hadir situs yang dapat diakses oleh publik dan dikenal sebagai World Wide Web.

World Wide Web atau www inilah yang sampai sekarang selalu diingat oleh banyak orang namun, belum mengerti bagaimana istilah www bisa muncul. Meskipun halaman situs web bisa diakses secara publik dengan menyambungkannya pada internet, tidak semua orang bisa mengunjunginya. Ada beberapa situs web mengkhususkan pengunjung untuk mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota.

Sejarah Situs Web

Sebelum situs web seperti yang dikenal sekarang ini, situs web dulunya sebuah tempat informasi yang terhubung dengan jaringan. Penemu situs web pertama kali adalah Sir Timothy John Berners-Lee. Pertama kali pada tahun 1991, tim berhasil merancang situs web yang saling terhubung untuk memudahkan para peneliti di tempat bekerja bertukar informasi. Hingga pada akhirnya di tanggal 30 April tahun 1993, situs web berhasil diluncurkan secara bebas dan gratis oleh publik.

Jadi, Anda bisa dengan mudah memasukkan konten-konten sesuai dengan kebutuhan situs web itu sendiri. Situs web ada yang milik perorangan, kelompok, organisasi, atau perusahaan yang bergerak di bidang bisnis. Pemanfaatan situs web sekarang ini tidak hanya untuk menyampaikan informasi saja. Anda juga bisa mendapatkan penghasilan setiap bulannya dengan memanfaatkan fitur-fitur situs web tersebut.

Pengertian Situs Web Statis

Apa yang dimaksud situs web statis? Situs web tersebut hadir dengan isi yang tidak diperbaharui secara berkala. Sehingga, pengaturan isi artikel pada situs web dilakukan dengan cara manual dan tidak terjadwal. Ada tiga perangkat yang digunakan dalam situs web statis. Diantaranya:

  • Penyunting teks, sebagai alat sunting berkas pada halaman web.
  • Penyunting WYSIWYG, yaitu penyunting antar muka fragis pada halaman web.
  • Penyunting template, yaitu pengguna dapat menyunting berkas untuk digunakan pada template situs web.

Pengertian Situs Web Dinamis

Setelah mengenal situs web statis, berikutnya adalah situs web dinamis. Merupakan situs web yang bisa diperbaharui secara berkala dan bertahap sesuai jadwal dengan mudah. Contohnya seperti situs web berita yang bersifat umum dan akan berubah-ubah. Tidak seperti situs web statis yang membentuk halaman situs web saat diunggah ke server web maka, situs web dinamis baru akan dibuat halaman situs saat ada pengguna yang mengakses web tersebut.

Sudah mengetahui dengan jelas apa yang dimaksud situs web? Langkah selanjutnya adalah pembuatan situs web yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Identifikasi kebutuhan situs web Anda dengan menentukan fitur-fitur yang harus muncul dan berapa banyak konten yang akan muncul pada halaman depan situs web. Jangan lupa juga untuk memilih nama domain dan menyewa hosting agar situs web Anda bisa diakses oleh semua orang.

Jadi, situs web seperti apa yang akan Anda buat? Apakah statis atau dinamis?

Baca juga : Buat Website Gratis Dari Google

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: