Press "Enter" to skip to content

Anak Anda Mengalami Trauma? Sembuhkan Dengan Terapi Alami

Usia anak-anak sangat rentan mengalami trauma apapun bentuknya, baik itu trauma pada barang tertentu, sikap seseorang, hingga trauma berada di lingkungan yang buruk. Jangan pernah mengabaikannya, sebab dampak jangka panjang akan dirasakan anak maupun Anda. Berikut ini terapi yang bisa Anda lakukan sendiri untuk menyembuhkan anak dari trauma.

Mulailah Dari Bicara Hingga Ciptakan Suasana Nyaman

Ketika anak yang biasanya sangat antusias menemani Anda beraktivitas seperti membantu Anda menyapu hingga mencuci pakaian dengan sabun cuci cair pakaian bayi dan anak, namun tiba-tiba berubah jadi pendiam dan penakut segeralah cari tahu penyebabkan, jika akibat trauma, lakukan terapi ini secara maksimal.

Ajak Bicara

Terapi pertama adalah mengajaknya berbicara, berikan dia kesempatan untuk mengeluarkan apa yang dirasakannya. Dengan didengar, anak akan lebih mudah mengungkapkan perasaannya dengan nyaman, apalagi jika Anda benar-benar fokus dan tidak mengkritik apa yang disampaikannya.

Jauhkan Dari Penyebab Trauma

Setelah mengetahui penyebab traumanya, maka langkah selanjutnya adalah menjauhkannya dari penyebab tersebut, agar traumanya tidak semakin parah. Contoh, dia trauma dengan teman sekolahnya yang sering mengejek maka beri dia kesempatan untuk tidak sekolah hingga merasa nyaman, sambil Anda mendiskusikan hal itu dengan pihak sekolah.

Cari Sisi Positif

Saat Anak mengungkapkan traumanya, Anda harus berusaha mencari sisi positif dari apa yang dialaminya, sehingga sikecil tidak lagi larut dalam ketakutan. Contoh dia trauma pada sikap gurunya, maka coba terangkan bahwa ada alasan mengapa sang guru bersikap seperti itu.

Buat Jadwal Aktivitas

Susun jadwal aktivitas hariannya agar dia selalu memiliki kegiatan dan bisa secara bertahap melupakan trauma. Jangan lupa untuk melibatkannya saat menyusun tersebut agar dia lebih tahu apa yang akan dilakukan dan nyaman melakukannya setiap hari.

Ciptakan Suasana Nyaman

Kenyamanan bisa didapatkan anak ketika orang-orang di sekelilingnya mendukung. Jadi sudah merupakan kewajiban Anda sebagai orang tua untuk mewujudkannya, yakinlah dengan kenyamanan anak akan lebih cepat melupakan trauma dan bisa tumbuh dan berkembang tanpa masalah mental.

Lembut Dan Beri Waktu

Bukan hanya sleek baby saja yang lembut, Anda juga harus bersikap lembut kepada sikecil setiap saat, jangan pernah membentak anak yang sedang mengalami trauma, dan beri dia waktu untuk menikmati kesendirian dengan aktivitas yang menyenangkan. Cara itu akan semakin membuat anak lebih kuat.

Butuh proses untuk mengobati trauma yang dialami seorang anak, peran orang tua sangat penting dalam prosesnya. Sudah seharusnya Anda menerapkan langkah di atas agar anak bisa kembali hidup normal tanpa dihantui trauma jangka panjang.

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: