Press "Enter" to skip to content

5 Trik Menarik Pelanggan dengan Menggunakan Video

Menarik Pelanggan dengan Menggunakan Video
Woman photo created by tirachardz

Video merupakan media atau konten yang bisa dijadikan sebagai alat pemasaran di bisnis online. Di dunia bisnis online yang ada di internet, video memiliki peran yang sangat penting untuk mempromosikan atau menjual produk. Ketika pelanggan menyukai sebuah video, maka mereka akan  ketagihan untuk menonton video tersebut. Seorang marketer harus tahu adanya tren ketagihan ini. Tren ini bisa menguntungkan untuk bisnis kita sendiri. Anda dapat bekerja sama dengan sebuah tim untuk melakukan interaksi dengan pelanggan dengan cara menciptakan video yang bagus. Berikut ini merupakan lima cara membuat video supaya pelanggan tertarik dengan produk Anda.

Menarik Pelanggan dari Berbagai Kalangan dengan Menggunakan Video

Para pakar pemasaran biasanya akan menyarankan untuk membuat konten yang ditargetkan kepada sekelompok pelanggan yang telah dipilih. Namun, ketika Anda menggunakan video, maka Anda bisa menarik berbagai macam pelanggan.  Jika Anda menginginkan konten yang Anda ciptakan banyak dibagikan, maka Anda harus bisa melayani pelanggan yang berbeda, termasuk orang yang sama sekali belum pernah membeli produk yang Anda ciptakan. Anda harus bisa menciptakan konten yang berkesan sehingga pelanggan bisa mengingat konten tersebut dengan mudah dan mereka juga bisa menceritakan kepada orang lain sehingga mereka tertarik dengan produk Anda dan akhirnya membeli produk tersebut. Jika Anda menggunakan video, maka Anda harus bisa membuat konten yang dapat dibagi dengan teman dan keluarga. Anda bisa menciptakan video dengan tema yang berkaitan dengan banyak orang. Misalnya ketika sedang menonton sepak bola, merayakan pesta, dan tertawa bersama. Jangan menggunakan bahasa yang bermuatan negatif dalam video promosi Anda.

Membuat Cerita

Jika Anda ingin video promosi yang Anda buat diperhatikan oleh orang banyak, maka Anda tidak boleh hanya menampilkan produk Anda. Anda harus memberikan sebuah cerita tentang usaha yang Anda lakukan dalam video tersebut. Anda harus bisa menciptakan cerita yang menarik bagi penonton. Anda harus membuat bahwa merek yang Anda miliki adalah sebuah bisnis yang manusiawi dan berkaitan langsung dengan emosi penonton. Video yang hanya menampilkan deskripsi produk akan ditinggalkan oleh penonton mereka. Anda harus membuat video yang mempunyai alur cerita dan karakter. Produk Anda harus berada dalam situasi dan suasana yang tepat supaya emosi para penonton menjadi tersentuh dan mengingat produk Anda. Pembuatan video ini memerlukan kreativitas.

Membuat Konten yang Berlanjut

Netflix mengungkapkan bahwa mereka memiliki 83 juta anggota yang melihat lebih dari 125 juta jam film dan acara televisi setiap hari. Ini merupakan waktu yang sangat lama untuk melihat sebuah layar. Tetapi mereka akan kembali menonton karena anggota tersebut mengatakan bahwa di Netflix mereka bisa menonton video tanpa ada gangguan. Pelanggan tidak perlu cemas dengan iklan. Tidak ada iklan dalam acara kesukaan mereka sehingga mereka bisa menonton video dengan nyaman. Alasan lainnya adalah alur cerita dari acara tersebut membuat ketagihan. Penonton akan terus penasaran dengan episode baru yang akan ditampilkan sehingga mereka tidak akan berhenti menonton. Membuat video promosi dengan alur cerita seperti ini pasti akan sangat menarik. Anda bisa membuat cliffhangers yakni mengakhiri cerita dengan sesuatu yang tegang dan membuat orang penasaran. Anda bisa membuat beberapa video untuk satu produk.

Memberitahukan Produk Terbaru kepada Pelanggan

Tidak semua pelanggan Anda mempunyai waktu luang, mereka memiliki kesibukan masing-masing. Ini tidak menjadi masalah besar. Anda bisa mengingatkan pelanggan tentang video dari produk baru yang Anda ciptakan. Apakah Anda pernah mendengar pepatah lama yang mengatakan bahwa setidaknya seseorang harus melihat pesan sebanyak tujuh kali sebelum akhirnya mereka melakukan sesuatu dengan pesan promosi tersebut. Anda bisa mengirimkan email notifikasi tentang produk baru Anda dan membuat website popup untuk memberitahukan bahwa ada video produk yang terbaru.

Baca juga: Tingkatkan Sales Bisnis dengan Membuat Email List

Memberikan Bonus

Semua orang pasti tergiur dengan bonus. Anda bisa memberikan bonus kepada pelanggan yang mau meluangkan waktunya yang sibuk untuk melihat video atau membagikan video produk Anda kepada orang lain. Anda bisa memberikan diskon atau bonus lain yang menarik bagi pelanggan Anda.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: