Press "Enter" to skip to content

3 Jenis Proses Cetak DVD

cetak dvd

Gambar: www.mitracd.com

Proses cetak DVD atau biasa disebut dengan burning DVD adalah proses penulisan sebuah data dari suatu media ke kepingan DVD. Secara bahasa burning memang berarti ‘membakar’, tetapi dalam proses ini burning hanyalah istilah dan tidak benar-benar akan ‘membakar’ kepingan DVD-nya. Sebagai catatan, proses burning hanya bisa dilakukan menggunakan kepingan DVD blank atau kosong saja.

Jadi jika Anda ingin menyimpan sebuah file dokumen, foto, video, maupun audio ke dalam DVD, yang Anda butuhkan adalah kepingan DVD kosong. Lalu nantinya yang Anda lakukan adalah menyalin data seperti yang dilakukan saat menyalin data ke flashdrive atau flashdisk. Proses cetak DVD atau burning ini bisa dilakukan tanpa software ataupun dengan software khusus di PC atau laptop Anda. Misalnya saja seperti Nero dan Ashampoo.

Sementara itu alat atau hardware yang dibutuhkan adalah DVD-RW. Berbeda dengan DVD Room biasa, hardware ini memiliki laser untuk membaca dan menulis di kepingan DVD. Jadi tidak heran kalau setelah selesai di-burning, maka kepingan DVD akan terasa panas. Mungkin hal itu pula yang membuat proses ini disebut dengan istilah ‘burning’.

Secara garis besar, ada tiga jenis proses cetak DVD. Apa saja itu?

1. Burning data langsung ke DVD
Biasanya ini dilakukan untuk menyimpan data-data yang sederhana, misalnya seperti file dokumen atau foto.
2. Burning dari DVD ke DVD
Berikutnya ada proses burning dari kepingan ke kepingan atau bisa dibilang menggandakan atau duplikasi DVD ke DVD kosong.
3. Burning image file ke DVD
Proses burning image file ke DVD atau sebaliknya biasa dilakukan untuk ‘membakar’ software tertentu. Pada dasarnya sama saja dengan proses lainnya, tetapi menyalin image file membutuhkan software khusus seperti Nero, Ashampoo, UltraISO, dan sejenisnya.

Begitulah kurang lebih penjelasan tentang cara-cara membakar atau burning DVD. Jika Anda ingin mencetak atau menduplikasi DVD dalam jumlah banyak, disarankan untuk menggunakan layanan jasa profesional. Di tempat jasa cetak DVD, proses ini biasanya dilakukan dengan menggunakan banyak DVD-RW sekaligus agar menghemat waktu. Rekomendasi jasa cetak dvd terpercaya www.mitracd.com

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: